BPN Kota Bekasi: Biaya PRONA Hanya Rp150 Ribu

By Reaksi Nasional 09 Apr 2018, 14:17:15 WIBReaksi Bekasi

BPN Kota Bekasi: Biaya PRONA Hanya Rp150 Ribu

Keterangan Gambar : Kepala Kantor ATR/BPN Kota Bekasi Muhammad Irdan


Oleh Yanso Sitorus

REAKSI BEKASI - Terkait isu merebaknya pungutan kepengurusan PRONA (Proyek Operasi Nasional Agraria) sampai jutaan rupiah, akhirnya Kepala Kantor ATR/BPN Kota Bekasi angkat bicara. PRONA yang juga dikenal dengan istilah PTSL atau Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, adalah salah satu program Nawacita Presiden Joko Widodo (Jokowi) di bidang pertanahan.

Walaupun sebelumnya PRONA telah diatur dalam Kepmendagri Nomor 189 Tahun 1981, namun sejak era Jokowi, PRONA kembali diakselerasikan agar dapat selesai pada 2023. Tujuan utama dari PRONA itu sendiri, adalah memproses pensertifikatan tanah secara masal sebagai perwujudan dari pada Program Catur Tertib di bidang pertanahan yang pelaksanaannya dilakukan secara terpadu dan ditujukan bagi segenap lapisan masyarakat, terutama bagi golongan ekonomi lemah, serta menyelesaikan secara tuntas terhadap sengketa-sengketa tanah yang bersifat strategis.

Kepala Kantor ATR/BPN Kota Bekasi Muhammad Irdan, Kamis (5/4/2018) dengan tegas mengatakan bahwa tidak boleh ada pihak manapun yang mengambil keuntungan dalam Program PRONA.

Irdan menjamin, masyarakat tidak akan dibebankan dengan pungutan yang tidak semestinya. Irdan menjelaskan, dalam pelaksanaannya, BPN bekerjasama dengan pihak ketiga (swasta) untuk melakukan survei  dan pendataan awal.

Pihak ketiga ini, kata Irdan, adalah sebuah lembaga profesional yang bekerja mengacu pada SOP yang telah digariskan dan lembaga ini berkoordinasi dengan panitia PRONA yang melibatkan camat, lurah, RW dan RT.

Dalam PRONA, jelas Irdan, ada beberapa tahapan yang ditempuh. Mulai dari pendataan, survei, pengukuran, pengumuman sampai penerbitan sertifikat. Semua itu, dibiayai dari APBN termasuk pihak ketiga yang melakukan survei, di-cover APBN dari DIPA BPN. Sedangkan panitia PRONA, menjadi tanggung jawab pemerintah daerah yang dibiayai dari APBD. Namun begitu masih ada biaya lain yang harus ditanggung oleh masyarakat peserta PRONA.

“Berdasarkan SKB 3 Menteri, ada beberapa biaya yang timbul yang harus ditanggung oleh peserta PRONA. Di antaranya, biaya administrasi, materai, patok tanah, dan lain-lain, namun nilainya tidak besar. Tidak lebih dari Rp150 ribu,” ungkap Irdan.

Untuk diketahui, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada 22 Mei 2017 telah menanda tangani Surat Keputusan Bersama, atau dikenal sebagai SKB 3 Menteri tentang Pembiayaan Persiapan Pendaftaran Tanah Sistematis. Dalam SKB itum, jelas dirinci biaya-biaya apa saja yang ditanggung oleh peserta PRONA. Dan untuk Pulau Jawa dan Bali, tidak lebih besar dari Rp150 ribu.

“Sebelumnya Walikota Bekasi sudah berkomitmen mendukung program PRONA, jadi bila masih ada oknum-oknum yang berusaha mengambil keuntungan dalam Program PRONA, adalah sangat tidak terpuji. Informasi dan masukan ini akan segera kami tindak lanjuti. Kami akan segera meninjau langsung wilayah yang ditengarai terjadi pungutan PRONA. Kita akan mengadakan sosialisasi kepada warga dan menjelaskan kepada mereka bahwa dalam program ini, tidak ada pungutan yang diperkenankan di luar yang telah diatur sebelumnya. Yang jelas, BPN Kota Bekasi bekerja prosedural, dan saya jamin BPN tidak akan memberatkan dan mempersulit masyarakat, terlebih dalam pengurusan sertifikat PRONA,” tegas M Irdan. (R2)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 7 Komentar untuk Berita Ini

  1. anto giyarto 14 Mei 2018, 09:20:10 WIB

    Tetapi di kelurahan bintara jaya di kenakan biaya 2.500.000 setiap obyek tanah,gimana ini kok di salahgunakan oleh oknum? Di mana saya bisa mengadukan

    Yan 18 Mei 2018, 22:58:54 WIB

    Tolong di tindak dong..banyak oknum yg berani meminta biaya prona gratis dengan biaya 2.5jt .ini sangat keterlaluan..

    Malik 16 Jun 2018, 09:12:23 WIB

    sy dah survey ke warga di wilayah kelurahan d bekasi barat warga di pungut biaya antara 1 juta sampai 2.5 juta sy yakin pejabat seperti lurah dan camat tau tapi mereka seperti pura2 ga tau gimana enaknya mereka pada rakus memeras warga yg kebanyakan kurang faham tentang pengurusan surat tanah kita tu ggu aja apakah pak walikota berani menindak bawahannya ini sudah meresahkan

    Dharma Property 29 Jun 2018, 11:18:34 WIB

    pengaduan pungli https://saberpungli.id/

    Bagyo 07 Jul 2018, 08:24:32 WIB

    Bagaimana bisa mendapat informasi tentang prona sertifikasi tanah. Kapan aja diadakan? Apakah setiap saat bisa mengajukan?

    Dewi 02 Sep 2018, 15:47:52 WIB

    Alamat kantor ptsl di tambun selatan dimana ya

    Yunus 18 Des 2018, 07:33:17 WIB

    Mohon arahan terkait persyaratan permohonan PTSL dan lokasi penyampaian permohonan untuk wilayah Jati Makmur - bekasi
    Terima kasih

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Flow Meter Tokico Jakarta

    Hello there, You’ve done a great job. I’ll definitely digg it and personally ...

    View Article
  • Open Trip Pulau Seribu

    Hey, you used to write great, but the last few posts have been kinda boring¡K I ...

    View Article
  • Distributor pipa HDPE

    Wow, superb blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look ...

    View Article
  • jakarta sewa mobil

    tidak hanya supir truk juga, terkadang pengendara lain seperti mobil atau motor juga ...

    View Article