Wali Kota Jakbar Kerahkan 40 Armada Truk Angkut Tumpukan Sampah

By Reaksi Nasional 13 Jan 2020, 12:01:21 WIBMegapolitan

Wali Kota Jakbar Kerahkan 40 Armada Truk Angkut Tumpukan Sampah

Keterangan Gambar : Wali Kota Jakbar memantau pengangkutan tumpukan sampah pascabanjir, Jumat (10/1).


Oleh Maulen Munthe & Khairuddin Sinambela  

REAKSI JAKARTA – Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Effedi, didampingi Kasudin Lingkungan Hidup (LH) Edy Mulyanto, menurunkan 40 armada truk ukuran besar untuk mengangkut tumpukan sampah sisa banjir di sepanjang jalan inspeksi kali Mookervaart, Kelurahan Kedaung Kaliangke Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat, Jumat (10/1).

Pengangkutan sampah dimulai sejak subuh, hingga selesai sore hari. Pengangkutan sampah  sempat dipantau rombongan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Sekda H Saefullah, didampingi Wali Kota Jakarta Barat H Rustam Effendi. Sapah tersebut diangkut menggunakan tiga unit alat berat, berupa dua shovel dan satu spider lalu dibuang ke Bantargebang, Bekasi. 

Edy Mulyanto, menjelaskan pada media, pihaknya fokus pengangkutan sampah sisa banjir di sepanjang jalan inspeksi Mookervaart yang panjangnya sekitar 1,4 kilometer. Sebanyak 40 armada truk ukuran besar diturunkan guna mengangkut sampah sisa pasca banjir. Sementara tiga alat berat diturunkan untuk mengeruk tumpukan sampah,  kapasitas per truk 12 ton.

“Alhamdulillah, sebelum Maghrib semuanya sudah terangkut, saat ini jalan itu sudah bersih dari tumpukan sampah sisa banjir,” tuturnya.

Edy Mulyanto juga menjelaskan, jalan inspeksi Mookervaart memang dijadikan tempat transit sampah sisa banjir yang telah dikeluarkan dari lingkungan permukiman warga. Tujuannya agar sampah tidak terlalu lama berada di lingkungan warga yang rentan menimbulkan bau atau penyakit, mengingat jarak tempat pembuangan sampah ke Bantargebang cukup jauh dan butuh waktu lama untuk mengangkut seluruh sampah sisa banjir.

Masih Edy Mulyanto, sesuai arahanWali Kota Jakarta Barat, Rustam Effedi,  sampah yang ada di permukiman secepatnya dikeluarkan atau dijauhkan dari warga.

“Prioritas kita adalah kesehatan dan kenyamanan masyarakat. Jadi, sampah-sampah dari permukiman warga dikeluarkan dan dibawa untuk transit di tempat yang jauh dari warga. Salah satunya sampah ditumpuk satu lokasi, di jalan inspeksi Mookervaart, jalan tersebut bukan jalan umum yang dilalui angkutan umum, sisi utara, Mookervaart ada Jalan Daan Mogot, jadi tidak menimbulkan kemacetan,” jelas.

Ia menambahkan, setelah bersih dari tumpukan sampah sisa banjir, warga diminta tidak lagi membuang sampah di lokasi jalan tersebut. “Sementara, di jalan Dahrma Wanita I, RW 01, 11 dan 12, Kelurahan  Rawa Buaya, dan RW 13 Duri Kosambi, sisa tumpukan sampah dalam tahap pembersihan,” ujarnya. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • modafinil online apotheke

    modalert 100 kaufen modafinil kaufen indien provigil kaufen ...

    View Article
  • modafinil kaufen apotheke

    modafinil preis modalert 100 kaufen ...

    View Article
  • modafinil kaufen ohne rezept

    provigil kaufen ohne rezept modafinil online bestellen ...

    View Article
  • vigil 200 mg preis

    modalert 200 kaufen modafinil 100 mg preis provigil bestellen ...

    View Article