Wakil Walikota Jakbar Pimpin Apel Gabungan Siaga Bencana

By Reaksi Nasional 06 Nov 2019, 16:00:58 WIBMegapolitan

Wakil Walikota Jakbar Pimpin Apel Gabungan Siaga Bencana

Keterangan Gambar : Wakil Walikota Jakarta Barat, M Zen meninjau persiapan maupun kesiapan dari personil serta sarana dan prasarananya di halaman kantor walikota Jakbar, Rabu (6/11/2019).


Oleh Khairuddin Sinambela/Maulen Munthe

REAKSI JAKARTA -Pemerintah Kota (Pemkot) kota administrasi Jakarta Barat menggelar apel gabungan siaga bencana di halaman Gedung Kantor Walikota Jakarta Barat, Rabu (6/11/2019).

Pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memastikan kesiapan dari seluruh anggota tim serta alat pendukungnya untuk mengantisipasi musibah bencana. Seperti banjir, kebakaran serta serangan nyamuk demam berdarah pada saat musim hujan tiba.

Apel ini dipimpin langsung oleh wakil walikota Jakarta Barat M Zen. Pada kesempatan ini M. Zen mengatakan, sudah sejauh mana kesiapan para personil gabungan siaga bencana ketika menghadapi bencana. Kesiapan tak hanya personil, tapi juga sarana dan prasarananya.

"Pemkot Jakarta Barat bersama jajaran TNI-Polri siap. Bahkan sangat siap menghadapi jika terjadi bencana banjir dan lain sebagainya. Kami melihat personil sudah oke, peralatan sudah oke, dan logistik juga oke," ujar M.Zen, uasi memimpin pelaksanaan apel siaga bencana tersebut.

Menurut dia, sebelumnya Walikota Jakarta Barat, H. Rustam Effendi, sudah menginstruksikan kepada jajarannya supaya mempersiapkan diri untuk menghadapi segala kemungkinan akan terjadinya bahaya bencana.

“Tahapan dari seluruh persiapan tersebut yang antara lain meliputi, pembersihan saluran air, kali/sungai, waduk dan tali-tali air pada setiap wilayah. Serta jangan lupa mengechek kesiapan dari petugasnya dan mesin pompa airnya,” sahut Zen.

Ia juga telah meminta kepada semua Camat dan Lurah untuk melakukan inventarisir terkait lokasi rawan banjir atau bencana lainnya. Data tersebut dipastikan sudah terinput di posko siaga bencana.

Pada pelaksanaan apel siaga bencana ini, Wakil Walikota Jakarta Barat meminta kepada seluruh petugas siaga bencana untuk dapat mengoptimalkan upaya mitigasi bencana, bukan hanya pada saat terjadi bencana melainkan dilakukan secara periodik dalam upaya mengurangi resiko bencana.

"Menyikapi datangnya musim hujan, Pemkot Jakarta Barat telah mengeluarkan surat keputusan Walikota Jakbar no. 189 tahun 2019, tentang komando penanggulangan bencana tingkat kota Jakarta Barar," ujarnya. Selesai melaksanakan apel siaga bencana, M. Zen didampingi Sekretaris Kota Jakarta Barat, H. Eldi Andi serta sejumlah pejabat Pemkot lainnya langsung melakukan peninjauan terhadap persiapan sarana dan prasarana guna menghadapi bencana. (R1)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment