Wakil Wali Kota Jakbar Tanam 60 Batang Pohon Penghijauan

By Reaksi Nasional 17 Apr 2019, 14:01:35 WIBMegapolitan

Wakil Wali Kota Jakbar Tanam 60 Batang Pohon Penghijauan

Keterangan Gambar : Wakil Wali Kota Jakbar didampingi Seko serta asisten melakukan penanaman batang pohon pelindung untuk penghijauan.


Oleh Maulen Munthe & Khairuddin Sinambela

REAKSI JAKARTA - Wakil Wali Kota Jakarta  Barat Mohammad  Zen, Selasa (16/4) melakukan penanaman 60 pohon pelindung untuk penghijauan di kawasan sentra primer di sepanjang ruas Jalan Puri Arum, dan Jalan Puri Harum, Puri Elok, Kecamatan Kembangan.

Mohammad  Zen menjelaskan, penanaman pohon dilakukan dalam rangka mempercantik (beautification) khususnya di kawasan sentra primer, di mana kawasan sentra primer barat itu masuk dalam daftar program prioritas penataan 4 kawasan terpadu di wilayah Jakarta Barat.

Selain sentra primer barat, tiga kawasan terpadu lainnya adalah kawasan hutan kota Rawa Buaya, sentra flona Semanan dan kawasan sentra ikan hias Slipi. “Kalau di sini sentra primer barat ditata dan menjadi pusat ekonomi kreatif di wilayah Jakarta Barat,” tuturnya.

Mohammad Zen, yang didampingi Sekretaris Kota (Seko) H. Eldi Andi, dan sejumlah asisten, lebih jauh menjelaskan, penataan kawasan sentra primer barat dilaksanakan secara bertahap. Setelah penataan pedestrian dan lampu penerang jalan umum, saat ini  giliran Suku Dinas Kehutanan dan Pertamanan yang bekerjasama dengan salah satu perusahaan retail terbesar untuk  mempercantik dengan melakukan penanaman pohon jenis pohon yang ditanam di sepanjang ruas Jalan Puri Elok, Puri Harum dan Puri Arum, yakni ketapang kencana dan tabebuia.sebanyak 60 batang pohon.

“Masing-masing 32  batang pohon ketapang kencana, 28  batang pohon tabebuia, 60 batang pohon tersebut diberikan dari perusahaan CSR,” tuturnya.

Zen menambahkan,  pohon ketapang kencana merupakan pohon yang memiliki ragam manfaat. Selain harga yang cukup mahal, pohon ini memiliki ciri-ciri berbentuk payung, sebagai tanaman hias untuk peneduh dari sinar matahari, dan menyerap polusi. Sementara pohon tabebuia adalah pohon sakuranya Indonesia. Dijuluki sakura karena di saat bunga mulai mekar, hampir seluruh dahannya memiliki bunga.

“Pohon ini berbunga pada saat musim kemarau antara bulan Juni.  Ada tiga warna bunga, yakni kuning terompet, merah dan putih. Sama seperti ketapang kencana, pohon tabebuia memiliki manfaat yakni sebagai pohon pelindung, tempat berteduh dan menyerap polusi, sehingga tananam ini cocok ditanam di pinggir jalan raya" tandasnya. (R2).

 

 

 

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • gajjosk

    ??????? ?? ??????????!!!!! ...

    View Article
  • Indocommco

    Ya benar sekali SDM kita masih kurang mengenal perkembangan teknologi, bahkan masih ...

    View Article
  • toko bunga Jakarta

    Tanaman hias di sepanjang jalan di Jakarta jika sudah masuk musim kemarau menjadi ...

    View Article
  • Konsultan Pajak

    Biasanya penunggak itu malas bayar atau gak tahu cara hitungnya, lebih baik dateng ...

    View Article