UU Cipta Kerja Diyakini Tingkatkan Produktivitas Pekerja

By Reaksi Nasional 13 Nov 2020, 13:09:23 WIBNasional

UU Cipta Kerja Diyakini Tingkatkan Produktivitas Pekerja

Keterangan Gambar : Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi


Oleh Friendly Sianipar
REAKSI JAKARTA
- Produktivitas pekerja dan masyarakat Indonesia dinilai masih berada di bawah rata-rata produktivitas negara ASEAN. Produktivitas Indonesia berkisar di angka 74,4 persen. Sementara rata-rata produktivitas Negara ASEAN sebesar 78,2 persen. Perinciannya adalah Filipina (86,3 %), Singapura (82,7 %), Thailand (80,1 %), Vietnam (80 %),  Laos (76,7 %) dan Malaysia (76,2 %).

Menurut Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi, peningkatan produktifitas itu dapat meningkat seiring dengan pemberlakuan UU No.11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

“ UU ini bertujuan menyederhanakan, menyingkronkan, dan memangkas regulasi yang menghambat penciptaan lapangan kerja sekaligus sebagai instrumen untuk penyederhanaan dan peningkatan efektifitas birokrasi. Oleh karena itu, UU Cipta Kerja ini akan mampu memperbaiki iklim ketenagakerjaan dan mendukung peningkatan produktivitas nasional. Jadi, environment peningkatan produktivitas ini dapat kita ciptakan melalui UU Cipta Kerja," kata Sekjen Anwar Sanusi ketika menghadiri Forum Komunikasi Staf Ahli Menteri (Forkomsam) di Bogor, Kamis (12/11), kemarin

Jadi, sambung Anwar,  sekarang ini kita bukan hanya menciptakan tenaga kerja terampil, tapi betul-betul menciptakan ekosistem dan environment ketenagakerjaan itu sendiri.

Menurut Anwar, selain peningkatakan produktivitas, UU Cipta Kerja juga bertujuan menyelesaikan tantangan ketenagakerjaan, seperti bonus demografi dimana sebagian besar penduduk Indonesia berusia produktif dan bekerja.

“UU ini juga dibutuhkan untuk memanfaatkan bonus demografi dan membantu Indonesia keluar dari jebakan negara berpengasilan menengah,” tandasnya.

Selain itu, kata Anwar, pandemi Covid-19 berdampak terhadap sektor ketenagakerjaan dan mengakibatkan 3.1 juta pekerja dirumahkan dan di PHK. Jadi kalau hal itu dikelola dengan baik maka akan memberikan opportunity luar biasa. “Hal tersebut merupakan salah satu yang menjadi urgensi diterbitkannya UU Cipta Kerja," katanya. (R1)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • paket aqiqah malang

    terimakasi infonya sukses selalu nrl https://aqiqahkitamalang.com/ ...

    View Article
  • calon bupati bantul

    terimakasi infonya sukses selalu wiw https://kanghalim.com ...

    View Article
  • calon bupati bantul terbaik 2020

    terimakasi infonya sukses selalu ais https://kanghalim.com https://kanghalim.com/ ...

    View Article
  • calon bupati bantul terbaik 2020

    terimakasi infonya sukses selalu ais https://kanghalim.com https://kanghalim.com/ ...

    View Article