Tim Gabungan Monitoring Pelaksanaan PSBB di Pasar Timbul Barat

By Reaksi Nasional 16 Jul 2020, 14:52:09 WIBMegapolitan

Tim Gabungan Monitoring Pelaksanaan PSBB di Pasar Timbul Barat

Keterangan Gambar : Tim aparat gabungan melakukan monitoring pelaksanaan PSBB masa transisi dan penggunaan KBRL di Pasar Timbul Barat, Tomang, Gropet, Jakbar, Kamis (16/7/2020).


Oleh Khairuddin Sinambela/Maulen Munthe

REAKSI JAKARTA - Petugas gabungan melakukan monitoring pelaksanaan Pergub 51 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi, di Pasar Timbul Barat, Jalan Tomang Tinggi, Kelurahan Tomang, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (16/7/2020).

Petugas yang terdiri dari unsur Kelurahan, Tiga Pilar, Kecamatan, Satpol PP beserta jajaran Dinas dan Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) yang didampingi pengelola keliling pasar memantau penerapan protokol kesehatan COVID-19 di Pasar tersebut.

Mereka memantau semua protokol kesehatan seperti ada tidaknya fasilitas cuci tangan, alat pengukur suhu tubuh, penggunaan masker, jaga jarak dan yang lainnya.

Alhasil, petugas menemukan sebanyak delapan orang yang kedapatan tidak menggunakan masker. Lantas, mereka dikenakan sanksi kerja sosial seperti membersihkan atau menyapu prasarana umum di sekitar lokasi.

“Ada delapan pelanggar yang tidak memakai masker dikenakan teguran tertulis serta memakai rompi orange menyapu jalan,” tutur Lurah Tomang, Dwi Kurniasih.

Pada kesempatan tersebut petugas juga melakukan pengawasan penerapan Pergub Provinsi DKI Jakarta Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan (KBRL) pada sejumlah Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan dan Pasar Rakyat. Petugas mengecek penggunaan KBRL di Pasar tersebut.

Dwi menekankan kepada pedagang, agar tidak melayani pembeli dengan menggunakan plastik kantong sekali pakai/kresek. Sementara, pengelola pasar diimbau untuk menggencarkan sosialisasi Pergub 142/2019, baik melalui spanduk, pamflet maupun pengumuman/pemberitahuan dan juga melalui pengeras suara atau audio. “Agar Pergub 142/2019 diketahui seluruh pengunjung pasar,” ungkapnya. (R1)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment