Terkait Suplayer BPNT yang Diduga Lakukan Monopoli, Begini Kata Sekda

By Reaksi Nasional 20 Nov 2020, 15:53:06 WIBJabar dan Banten

Terkait Suplayer BPNT yang Diduga Lakukan Monopoli, Begini Kata Sekda

Keterangan Gambar :  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cirebon, Rahmat Sutrisno


Oleh Hafidzudin

          REAKSI CIREBON - Terkait persoalan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Cirebon yang menjadi perbincangan dan sorotan di publik. Kini Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cirebon Rahmat Sutrisno yang juga selaku Tim Koordinasi (Tikor) tingkat daerah pun angkat bicara terkait persoalan tersebut.

          Sekda Kabupaten Cirebon, Rahmat Sutrisno mengatakan bahwa semua pengawasan  program bantuan sosial dari Pemerintah Pusat dilimpahkan ke Tim Koordinasi tingkat kecamatan masing-masing. Sehingga, menurutnya pengawasan bisa lebih maksimal karena dilakukan lebih dekat dengan masyarakat penerima bantuan. "Terkait persoalan BPNT ini akan kita rapatkan, akan pengawasan ada di Tikor Kecamatan, jadi kita delegasikan ke Tikor Kecamatan," katanya, Kamis (19/11/20).

          Terkait dugaan banyaknya oknum yang bermain dalam penyelenggaraan BPNT, pihaknya akan memberikan sanksi, jika memang dugaan tersebut terbukti adanya. Menurutnya, terkait sanksi yang diberikan sendiri yaitu sesuai dengan perbuatan yang telah dilangggar oleh pelaku. "Sanksinya sendiri tergangtung dari apa yang telah dilanggar pelaku," jelasnya.

          Disampaikannya, sementara terkait dugaan monopoli suplayer BPNT, ditambah lagi adanya dugaan suplayer yang berasal dari luar Kabupaten Cirebon, sehingga mengakibatkan banyaknya komoditi pangan lokal yang tidak terakomodasi.

         Namun, menurutnya hal tersebut nantinya dapat dibicarakan dengan pihak e-waroeng selaku penyalur bantuan BPNT. Karena menurutnya, yang memiliki wewenang untuk menentukan suplayer e-waroeng. Sehingga, hal tersebut bisa dibicarakan dengan para e-waroeng. "Nanti bisa dibicarakan dengan e-waroeng, karena kewenangannya itu ada di e-waroeng itu sendiri," pungkasnya. (R1)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment