Terkait Suap, Polisi Tangkap Ketua Panwaslu Kabupaten Garut

By Reaksi Nasional 26 Feb 2018, 12:41:39 WIBHukum&Kriminal

Terkait Suap, Polisi Tangkap Ketua Panwaslu Kabupaten Garut

Keterangan Gambar : KETERANGAN: Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto didampingi Ketua KPU Yayat Hidayat, Ketua Bawaslu Haramanus Koto dan DirReskrimum Polda Jabar Kombes Pol Umar Surya Fana memberikan keterangan pers kepada wartawan. (REAKSI)


Oleh Herry Juhana

REAKSI BANDUNG - Tim Gabungan Satgas Money politic Baresrim Polri dan Satgasda Jawa Barat (Jabar) menetapkan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Garut Heri Hasan Basri dan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut Ade Sudrajat dan Diding yang merupakan salah tim kampanye calon independen Soni Sundari-Udin Nurdin sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap di rangkaian Pilkada Kabupaten Garut.

 "Setelah dilakukan pemeriksaan secara intensif, ketiganya kita tetapkan sebagai tersangka," ujar Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto didampingi DirReskrimum Polda Jabar Kombes Pol Umar Surya Fana, saat ungkap kasus di Mapolda Jabar, Senin (26/2/2018).

Dikatakan Agung, penetapan ketiganya karena ketiganya terbukti melakukan gratifikasi dalam rangkaian Pilkada Kabupaten Garut.

"Kepada HHB (Heri Hasan Basri) diberikan Rp10 juta dan saudara AS (Ade Sudrajat) diberikan Rp100 juta dengan satu mobil yang diberikan oleh DD (Diding) untuk meloloskan salah satu calon, yakni Soni Sundari-Udin Nurdin," ungkapnya.

 Ketiganya, dikenakan Pasal 11 dan atau 12 Undang-Undang (UU) Tindak Pidana Korupsi dan atau Pasal 3 dan 5 UU Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Ditempat yang sama, Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat mengatakan, terkait hal tersebut, pihaknya akan memanggil semua komisioner KPU dari 27 kabupaten dan kota di Jabar. "Saya akan berikan pengarahan khusus karena gratifikasi seperti ini tidak boleh. Kita harus netral," ujar dia Yayat.

Sebelumnya diberitakan, Komisioner KPU Kabupaten Garut berinisial AS dan Ketua Ketua Panwaslu Kabupaten Garut HH diamankan karena diduga meloloskan salah satu pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Garut, Sabtu (24/2/2018).

Penanagkapan dilakukan oleh Satgas Anti Money Politic Bareskrim Mabes Polri. Sebanyak satu buah unit mobil Daihatsu Sigra berwarna putih pun turut diamankan sebagai barang bukti. ***



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • jasa fb ads terbaik

    terimakasi infonya sukses selalu ais https://jogjalantaidua.com ...

    View Article
  • RobertoNum

    Nicely put, Many thanks. prescription prices comparison <a ...

    View Article
  • pabrik tas blacu jogja

    terimakasi infonya sukses selalu wiw https://www.jogjakonveksi.net ...

    View Article
  • aqiqah kulon progo

    terimakasi infonya sukses selalu ard https://aqiqahkitayogyakarta.com/ ...

    View Article