Terkait Dugaan Pungli LKS di SMAN Indramayu, LSM RIB Minta Kejati Jabar Turun Tangan

By Reaksi Nasional 22 Jul 2020, 15:52:34 WIBJabar dan Banten

Terkait Dugaan Pungli LKS di SMAN Indramayu, LSM RIB Minta Kejati Jabar Turun Tangan

Keterangan Gambar : Ilustrasi


Oleh Sukadi  

REAKSI INDRAMAYU - PPDB kini telah bergulir dan pelaksanaan kegiatan belajar sudah berjalan walaupun memang dirasa belum maksimal, pasalnya masih adanya pengaruh wabah Covid-19 sehingga mengakibtakan kegiatan yang ada di sekolah masih belum maksimal, tetapi sangat disayangkan yang terjadi salah satu SMAN di Indramayu diduga masih menjual buku Lembar Kerja SIswa (LKS) berdasarkan informasi yang dihimpun  media ini, dugaan penjualan LKS tersebut dari mulai kelas X-XII, sehingga mengakibatkan adanya keluhan dari para orang tua murid, karena disaat kondisi saat ini masyarakat lebih mementingkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun kini harus terbebani dengan adanya dugaan penjualan LKS.

            Menurut salah satu orang tua murid yang enggan namanya disebutkan, mengatakan, bahwa pihak sekolah memang melakukan penjualan LKS ini, dan yang menjadi keluhan pihak orang tua murid  adalah tidak adanya sosialisasi untuk penjualan LKS, serta rapat orang tua murid ataupun musyawarah lainnya, yang ada hubungannya dengan adanya dugaan penjualan LKS ini. "Saya menginginkan adanya sosialisasi terkait penjualan LKS ini, apalagi harga LKS untuk tiap-tiap murid dirasa sangat berat, diduga hingga jutaan rupiah, sehingga mengakibatkan keluhan bagi orang tua murid, apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 yang mengakibatkan masyarakat pusing mencari uang, untuk kebutuhan sehari-hari. Jadi saya menginginkan adanya tindakan yang baik terhadap para orang tua, agar tidak menjadi boomerang bagi pihak sekolah ataupun musyawarah untuk menyelesaikan persoalan ini," jelasnya, Rabu (22/2/20).

            Sementara salah satu sekolah SMAN yang ada di Indramayu, ketika diklarifikasi terkait adanya keluhan dari salah satu orang tua murid, Kepala Sekolah yang enggan disebutkan namanya, membenarkan hal tersebut. "Tetapi itu adalah bagi orang yang mampu saja, sedangkan untuk orang yang kurang mampu tidak memaksakan", selain itu Kepala sekolah juga mengaktakan, kalau ini adalah bukan dari pihak sekolah, tetapi langsung ke koperasi sekolah, Kelitnya, Rabu (22/7/20).

            Dilain pihak, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Rakyat Indonesia Berdaya (RIB), Sudjono mengatakan, dengan adanya dugaanpenjualan LKS ini berarti pihak sekolah diduga lalai dalam mengawal aturan dalam pasal 181 PP No.17 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan dan Tenaga Pendidik bagi perorang maupun kolektif dilarang menjual buku pelajaran, perlengkapan pelajaran, serta pakaian seragam di tingkat pendidikan, sehingga dengan adanya aturan yang mengacu pada peraturan ini, sebaiknya pihak sekolah jangan melakukan hal-hal yang dianggap akan merugikan pihak sekolah itu sendiri, pasalnya pihak orang tua murid banyak yang mengeluhkan, walaupun ada informasi kalau pihak sekolah bekerja sama dengan pihak ketiga, jadi ada signalemen sekolah yang ada di wilayah Indramayu, khusunya SMAN ini telah melakukan upaya untuk pembohongan terhadap orang tua murid. jelas Sudjono, Rabu (22/7/20).

            "Dengan adanya informasi ini, maka pihak RIB dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan pihak Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, guna melakukan upaya investigasi terhadap sekolah SMAN yang ada di Wilayah Indramayu untuk mengecek dan umumnya yang ada di Jawa Barat, sehingga nanti kedapan tidak ada kejadian serupa, selain itu jika ada pihak sekolah yang ada di Indramayu yang melakukan hal ini, semoga pihak Kejati Jawa Barat dapat melakukan tindakan," tuturnya. (R1)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Main slot online 22 Jul 2020, 18:22:44 WIB

    Sebaiknya hal seperti ini segera ditangani agar tidak semakin besar.
    http://bbf.namanda.net/?page_id=7443

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • game online

    terimakasi infonya sukses selalu lin https://warta.fish-games.org/ ...

    View Article
  • AmyClink

    <a href="https://citalopramb.com/">citalopram 20mg for sale</a> ...

    View Article
  • pakar politik dunia

    terimakasi infonya sukses selalu ais https://digipolitica.com ...

    View Article
  • RobertoNum

    Cheers! A lot of information! canada pharmacies <a ...

    View Article