Sudin LH Launching Barcode Sedekah di Masjid Ashirotul Haq

By Reaksi Nasional 15 Mei 2019, 12:10:14 WIBMegapolitan

Sudin LH Launching Barcode Sedekah di Masjid Ashirotul Haq

Keterangan Gambar : Kasudis LH Edy Mulyanto didampingi Asisten Ekbang, Fredy Setiawan saat beramah-tamah dan menyerahkan infaqnya melalui barcode sedekah di Masjid Ashirotul Haq, Selasa (14/5/2019).


Oleh Khairuddin Sinambela & Maulen Munthe

REAKSI  JAKARTA - Program peluncuran barcode sedekah oleh Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudis LH) Jakarta Barat diadakan di Masjid Ashirotul Haq, yang berlokasi di Jalan Perdana no 2 Kelurahan Wijayakusuma, Kecamatan Grogol Petamburan, Selasa (14/5/2019).

Launching ini dibarengi dengan acara buka puasa bersama dengan karyawan Sudis LH Jakbar. Kegiatan itu dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Jakarta Barat, Fredy Setiawan, jajaran Bank DKI cabang Jakbar, para Satuan Pelaksana (Satpel) LH dari delapan kecamatan. Program ini adalah kerjasama aparat wilayah setempat dengan bank DKI.

Edy Mulyanto, selaku Kasudis LH Jakbar mengatakan, Masjid Ashirotul Haq ini dibangun pada tahun 2009 yang silam yang bersamaan dengan pembangunan gedung kantor Sudis LH Jakbar. Selama ini pihaknya berupaya menerapkan konsep ramah lingkungan di areal kantor  dan masjid.

Dia mengungkapkan, bahwa air bekas wudhu di masjid ditampung dan dimanfaatkan untuk budidaya ikan lele. “Sampai saat ini ikan lele dari pemanfaatan air wudhu di masjid sudah tiga kali panen. Kami juga memanfaatkan lahan yang ada di areal kantor Sudis LH ini untuk taman dan toga (tanaman obat keluarga),” ungkapnya.

Saat ini pihaknya terus melakukan berbagai terobosan dan inovasi, di antaranya program menabung dan sedekah dari hasil pengelolaan sampah. Melalui barkode sedekah Masjid Ashirotul Haq, diharapkan bisa lebih memudahkan karyawan maupun jamaah masjid dan masyarakat umum yang hendak menyisihkan rezekinya untuk bersedekah atau berinfaq.

Edy Mulyanto juga mengajak seluruh PNS LH, PJLP dan masyarakat umum untuk menyalurkan dananya melalui barcode sedekah  Masjid Ashirotul Haq. Siapa pun yang telah mengunduh atau yang sudah memiliki aplikasi JakOne bisa langsung memanfaatkan barcode sedakah Masjid Ashirotul Haq. “Jadi, jamaah, karyawan maupun masyarakat yang ingin menyalurkan infaq dan shodaqohnya bisa langsung dengan menggunakan barcode sedekah,” jelasnya.

Masih menurut Edy, program barcode sedekah masjid ini bekerjasama dengan bank DKI di wilayah/lingkungan SKPD-UKPD Jakarta Barat. Lokasinya ada di tiga lokasi, yakni Masjid Assahara komplek kantor wali kota Jakarta Barat Jalan Raya Kembangan , masjid kantor Sudis LH Jalan Perdana no 2, dan Masjid Al Hurriyah Kembangan.

Edy memberi contoh dengan menyalurkan infaqnya melalui barkode sedekah sebesar Rp 500 ribu.

Di tempat yang sama Fredy Setiawan, selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) atas nama Pemkot Jakbar, mengapresiasi peluncuran barcode sedekah Masjid Ashirotul Haq. Dia menegaskan, untuk wilayah atau SKPD-UKPD, Sudis LH merupakan yang pertama setelah Masjid Assahara yang terletak di kantor walikota Jakbar.

“Ini sangat positif. Selain memudahkan, manfaatnya jadi lebih ikhlas dibanding sedekah pakai kotak amal. Pasalnya, kadang-kadang orang masih suka kepo atau bertanya kalau lagi sedekah atau infaq. Namun, dengan barcode ini sedekah jadi lebih ikhlas,” cetusnya. (R2)

 

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • gajjosk

    ??????? ?? ??????????!!!!! ...

    View Article
  • Indocommco

    Ya benar sekali SDM kita masih kurang mengenal perkembangan teknologi, bahkan masih ...

    View Article
  • toko bunga Jakarta

    Tanaman hias di sepanjang jalan di Jakarta jika sudah masuk musim kemarau menjadi ...

    View Article
  • Konsultan Pajak

    Biasanya penunggak itu malas bayar atau gak tahu cara hitungnya, lebih baik dateng ...

    View Article