Soal Gagasan Provinsi Bogor Raya, Walikota Depok Belum Sepakat

By Reaksi Nasional 20 Agu 2019, 10:19:50 WIBJabar dan Banten

Soal Gagasan Provinsi Bogor Raya, Walikota Depok Belum Sepakat

Keterangan Gambar : Walikota Depok Mohammad Idris


Oleh Marihot Pakpahan

REAKSI BOGOR – Gagasan pembentukan Provinsi Bogor Raya memperoleh reaksi dari sejumlah pihak. salah satunya Wali kota Depok Mohammad Idris. Menurutnya,  sebelum mengeluarkan , sebaiknya menyelesaikan terlebih dahulu persoalan yang masih muncul di wilayahnya sendiri.

“Sekarang ini kan masih   dalam proses pemecahan wilayah yaitu Bogor Barat, Timur dan lainnya.  Selesaikan dulu permasalahan ini, sebelum berbicara Provinsi,” kata Idris  saat dikonfirmasi wartawan , Minggu (18/8).

Idris menilai, Pemkot  dan Pemkab Bogor masih belum bisa memberikan solusi terkait pemisahan wilayah yang sudah lama juga menjadi silang pendapat.

”Masalah itu  jelas ada dan sudah bertahun tahun diperdebatkan. Rencana pembentukan Provinsi Bogor Raya, yang diusung Pemkot dan Pemkab Bogor bakal menimbulkan perdebatan, itu  juga jelas. Jadi itu dulu yang diselesaikan,” ujarnya. Di sisi lain, Idria menilai  wacana memisahkan diri dari Jawa Barat juga tidak terlalu buruk.

Idris juga mengingatkan,  sebelumnya sempat dibicarakan  mengenai temuan masalah krusial di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), kemudian muncul usulan pembentukan Provinsi Jakarta Raya.

Permasalahan tersebut yaitu sampah, kemacetan, Sanitasi. Menurutnya, wacana tersebut agar selalu memiliki solusi yang  bakal dipecahkan secara bersama dengan memperhatikan wilayah tetangga yang bersebelahan.

”Sempat saat itu, ada keinginan memunculkan Jabodetabek dipadukan. Tetapi kalau sekedar wacana saja tidak salah, yang terpenting bisa apa tidak,” tegasnya.     

Sebelumnya diberitakan, Pemkot Bogor saat ini sedang memantapkan rencana perluasan wilayahnya. Beberapa wilayah yang diusulkan masuk ke dalam rencana perluasan wilayah Kota Bogor itu antara lain Ciawi, Tamansari, Sukaraja, Ciomas, dan Dramaga. Kawasan kawasan tersebut merupakan wilayah Kabupaten Bogor. Namun di tengah rencana itu, muncul wacana baru soal pembentukan Provinsi Bogor Raya.

Sebelumnya, Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan,  pembentukan Provinsi Bogor Raya itu diwacanakan sejak 2012.

Bima menuturkan, wilayah-wilayah strategis yang bisa masuk ke dalam Provinsi Bogor Raya itu adalah Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Cianjur, dan Depok.

Menurutnya, perluasan wilayah perlu dilakukan untuk mengantisipasi perkembangan penduduk di Bogor. (R1)                    



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • EvaClink

    [url=http://zofrantabs.com/]zofran canada pharmacy[/url] ...

    View Article
  • Assignment Operators

    [url=http://mortgageqts.com/]first time home buyer loans[/url] ...

    View Article
  • Instant Online Loans

    [url=https://autoinsurancequotesjazz.com/]ontario auto insurance[/url] ...

    View Article
  • legitimate online pharmacies

    <a href="http://canadianpharmacynethd.com/">best mexican online ...

    View Article