Siap Terima Vaksin, Pemkab Cirebon Sediakan Tempat Penyimpanan

By Reaksi Nasional 13 Jan 2021, 11:01:27 WIBJabar dan Banten

Siap Terima Vaksin, Pemkab Cirebon Sediakan Tempat Penyimpanan

Keterangan Gambar : Kantor Bupati Cirebon.


Oleh Hafidzudin

REAKSI CIREBON - Pemerintah Kabupaten Cirebon siap menerima vaksin Covid-19 tahap awal. Hal ini didukung kesiapan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon yang telah menyiapkan tempat penyimpanan vaksin Covid-19 dengan mengunakan Vaccine Cold Chain yang berada di Gudang Farmasi, Jalan Raden Dewi Sartika, Kabupaten Cirebon, Selasa (13/01/20).

Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni menjelaskan bahwa Kabupaten Cirebon telah siap apabila pendistribusian vaksin dikirim oleh pemerintah. Pihaknya juga telah menyiapkan tempat penyimpanan vaksin Covid-19 dengan mengunakan Vaccine Cold Chain yang berada di Gudang Farmasi. Dimana dalam gudang tersebut terdapat tiga Vaccine Cold Chain yang setiap Cold Chain masing-masing bisa menampung 2.100 vaksin Covid-19.

“Insya Allah Kabupaten Cirebon siap menerima vaksin awal sebanyak 8.009, di tahap pertama diprioritaskan untuk 8.009 tenaga kesehatan (nakes), karena Nakes merupakan gardah terdepan dalam menangani Covid-19,” ungkapnya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa sampai saat ini Pemkab Cirebon belum menerima vaksin dari Pemerintah Pusat. “Saat ini belum dikirim, kemungkinan di bulan Februari 2021. Tapi sebetulnya pemberian vaksin secara serentak itu tanggal 14 Januari untuk beberapa Provinsi,” katanya.

Menurutnya, ada 10 pejabat publik di Kabupaten Cirebon yang akan divaksin terlebih dahulu, seperti Bupati Cirebon, Kepala Rumah Sakit. Untuk pendistribusian vaksin sendiri, pihaknya sudah bekerjasama dengan TNI-Polri untuk mengawal vaksin Covid-19.

“Bahkan untuk penyaluran vaksin ke Puskesmas akan dikawal juga oleh TNI-Polri,” ujarnya.

Ditambahkannya, ada tiga Vaccine Cold Chain di Gudang Farmasi yang masing-masing bisa menampung 2.100 vaksin. Selain di gudang farmasi, tempat penyimpanan vaksin juga sudah siap menerima vaksin di 75 sarana pelayanan kesehatan di Kabupaten Cirebon, diantaranya diantaranya 60 Puskesmas, 12 rumah sakit, dan 3 faskes lainnya di TNI, Polri, dan Datasemen C-Brimob.

“Walaupun sasaran vaksinasi di Kabupaten Cirebon 1,5 juta orang, tapi pengiriman vaksin tidak sekaligus. Karena, vaksin akan dikirim secara bertahap. Puskesmas juga memiliki Cold Chain seperti ini, tapi kapasitasnya lebih kecil hanya bisa menampung 400 sampai 500 vaksin,” pungkasnya. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • beAmbuffalatt

    [url=https://cial20mg.online/]tadalafil 25mg[/url] ...

    View Article
  • dreast

    side effects of levitra generic <a href="https://cialnm.com/">tadalafil ...

    View Article
  • dreast

    effects of viagra for men without ed <a ...

    View Article
  • JoshuaSip

    [b][url=https://gan-bcn.com/en/proyectos/espaiganc-2/#comm ent-354593]Spanish Manhattan[/url][/b] ...

    View Article