Sekdakab Bogor dan Sekdakot Depok Sepakat Tanggulangi Banjir Bersama

By Reaksi Nasional 23 Okt 2020, 09:35:20 WIBJabar dan Banten

Sekdakab Bogor dan Sekdakot Depok Sepakat Tanggulangi Banjir Bersama

Keterangan Gambar :


Oleh Marihot Pakpahan

REAKSI BOGOR - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Hardiono, mewakili Pemkot Depok melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Bogor di Ruang Rapat IX Setda Kabupaten Bogor, Kamis (22/10) dan diterima langsung oleh Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin.                                                    

Pada kunjungat tersebut, Hardiono menyampaikan mengenai penanggulangan banjir lintas Kota/Kabupaten yang ada di hilir dan mencoba mendiskusikan hal itu  dengan Pemkab Bogor untuk mencari solusi yang terbaik dalam mengurangi banjir. Sekda Burhanudin menjelaskan bahwa salah satu penyebab banjir  adalah meluapnya Sungai Ciliwung  saat  hujan besar di bagian hulu.                                                                                        

Selama ini,  Pemkab Bogor telah melakukan revitalisasi situ yang ada di kabupaten Bogor guna menampung aliran air dari Sungai Ciliwung tersebut, akan tetapi hal itu belum bisa menanggulangi banjir. Selain itu, masalah  sampah sepanjang jalur Sungai Ciliwung menambahnya akutnya banjir.

Pemkab Bogor telah berkirim surat kepada Presiden terkait usulan penanganan normalisasi Sungai Ciliwung untuk mencegah banjir. Usulan ini juga disupport oleh Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan dan Kepala BNPB Doni Monardo, karena Sungai Ciliwung melewati beberapa daerah maka perlu campur tangan pemerintah Pusat baik dari segi anggaran dan support lainnya.                                                                                                              

Pada kesempatan itu baik Burhanudin maupun Hardiono sepakat untuk bersama – sama menanggulangi banjir dengan menyusun rencana MoU. Selain itu juga akan bekerjasama dengan Divisi 1 Kostrad Cilodong untuk menormalisasi aliran sungai dari mulai perbatasan Kabupaten Bogor sampai dengan wilayah Depok. (R1)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment