Ratusan Petugas PPSU Siap Siaga Antisipasi Banjir

By Reaksi Nasional 05 Feb 2018, 21:24:21 WIBMegapolitan

Ratusan Petugas PPSU Siap Siaga Antisipasi Banjir

Keterangan Gambar :


Oleh Joni Matondang & Eric Sangari

REAKSI JAKARTA - Sebanyak 149 petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, saat ini, Senin (5/2/2018), siap siaga dalam bentuk antisipasi banjir kiriman dari Bendungan Katulampa, Bogor. Selain bentuk antispasi juga supaya warga tenang.

Terkait antisipasi banjir, Camat Pancoran Herri Gunara mengatakan, petugas PPSU yang disiagakan hari ini berasal dari tiga kelurahan yang terdampak luapan Sungai Ciliwung. Ketiga kelurahan tersebut masing-masing Rawajati, Pengadegan dan Kalibata.

"Di masing-masing kelurahan kami siagakan petugas PPSU untuk mengantisipasi luapan Sungai Ciliwung," ujarnya, Senin (5/2/2018).

Ia merinci, 149 petugas yang disiagakan berasal dari Kelurahan Rawajati sebanyak  50 orang, Kelurahan Kalibata 69 orang dan Kelurahan Pengadegan 30 orang.

Menurut Herri, akibat luapan Sungai Ciliwung, tercatat ada empat RT yang terendam banjir. Keempatnya berada di lingkungan dengan rincian RT 02, RT 03, RT 04 dan RT 05. Ketinggian air di lokasi mencapai 30-60 sentimeter.

" Ada sekitar 263 kepala keluarga terdampak di Kelurahan Rawajati. Agar merasa tenang, petugas sudah siap siaga untuk antisipasi. Tetapi mudah-mudahan jangan sampai terjadi banjir besar. Karena info di tengah-tengah masyarakat bahwa Katulampa sudah siaga satu. Artinya, masih ada kemungkinan-kemungkinan lauinya," ucapnya.

Lanjut Herri, di Kelurahan Pengadegan ketinggian air mencapai 20-25 sentimeter. Meski demikian, air tidak sampai masuk ke rumah warga.

”Belum ada air yang masuk ke rumah warga. Mudah-mudahan jangan sampai terjadi. Saat ini kita sudah perintahkan lurah mendirikan posko pengungsian, dapur umum dan posko kesehatan  di kelurahan masing-masing," tandasnya. ***



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment