Raperda Penyelenggaraan Perlindungan Anak Payung Hukum Buat Tumbuh Kembang

By Reaksi Nasional 29 Jun 2020, 15:13:27 WIBJabar dan Banten

Raperda Penyelenggaraan Perlindungan Anak Payung Hukum Buat Tumbuh Kembang

Keterangan Gambar :


Oleh Ferry Ardiansyah

REAKSI BABDUNG - Penyusunan raperda Penyelenggaraan Perlindungan Anak sebagai penyempurnaan dari Perda no 5 tahun 2006 diharapkan semakin baik dengan adanya roadshow ke beberapa kabupaten kota di Jawa Barat. Masukan dari daerah-daerah khususnya mengenai segala permasalahan yang berkaitan dengan hak anak diharapkan dapat terakomodir.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari yang juga sekaligus Koordinator Pansus IV DPRD Jabar menyebutkan, raperda Penyelenggaraan Perlindungan Anak merupakan upaya kebijakan yang dikemas melalui kebijakan ini diharapkan dapat diakomodir perda ini. “Mulai dari penindakan atau pendampingan permasalahan anak hingga kepada penyelesaian masalah terhadap anak dan sebagainya,” ujar.

Selain itu, Ineu juga berharap raperda ini dapat mengakomodir semua yang menjadi kebutuhan anak-anak di masa kini dan masa yang akan datang, dapat mengcover apa yang menjadi harapan pemerintah, serta bagaimana pemerintah mengayomi kehidupan anak yang menjadi hak anak tersebut.

Perlu dicatat bahwa Raperda PPA ini dibuat selain melindungan dan mengayomi anak-anak Jabar juga untuk memberikan jaminan kelangsungan hidup anak serta memberikan hak-hak dasar bagi anak-anak untuk masa depannya.

Ke depannya, lanjut Ineu, pihaknya berharap ada lembaga yang dapat menaungi berbagai persoalan ana-anak. Selain itu, kebijakan yang dihimpun dari kabupaten kota di Jabar dapat menjadi penyempurna dalam penyususnan raperda PPA tersebut.

Sebab, bagaimana pun anak merupakan kekayaan aset terbesar dimasa yang akan datang. “Karena itu, hak-hak anak harus terwakili dalam perda agar menjadi kebijakan yang komprehensif,” ucap politisi dari PDI Perjuangan itu.

Ditanya soal keberlangsungan pembahasan raperda, Ineu menargetkan perda ini dapat rampung di akhir Juli mendatang. Pasalnya, jadwal pembahasan awal raperda ini ditargetkan hingga akhir Juni ini. Tetapi Pansus IV menginginkan raperda dapat dibuat lebih menyeluruh dan dapat mewakili penanganan terhadap anak. Selain itu, terpotong jadwal reses yang seharusnya sudah dilaksanakan pada awal Juni lalu akibat dampak dari Covid 19. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • RobertoNum

    Fine data. Many thanks! canada pharmacies online pharmacy <a ...

    View Article
  • AshClink

    <a href="http://chloroquinev.com/">generic chloroquine phosphate</a> ...

    View Article
  • jasa seo website

    terimakasi infonya sukses selalu ais https://jasaseojogjamurah.com ...

    View Article
  • AshClink

    [url=http://tadacipmed.com/]tadacip online[/url] [url=http://viagra.us.org/]where to buy ...

    View Article