Pungutan di SMAN 2 Cikarang Utara Dipertanyakan
Oleh Claudius Simanjuntak

By Reaksi Nasional 16 Jan 2018, 09:35:19 WIB

Pungutan di SMAN 2 Cikarang Utara Dipertanyakan

Keterangan Gambar : Dok.Renas


Pungutan yang dilakukan pihak SMAN 2 Cikarang Utara (Cikut) Kabupaten Bekasi terhadap para siswa yang sedang menuntut ilmu di sekolah tersebut menjadi sorotan dan mengundang sejumlah pertanyaan bagi sejumlah pihak.

SEBAB, SMAN 2 Cikut yang saat ini dipimpin Trisudana MPd tersebut, melakukan pungutan sebesar Rp1,2 juta kepada setiap siswanya dari kelas X hingga kelas XII. Pungutan itu dilakukan dengan alasan digunakan untuk membangun dan merehabilitasi bangunan sekolah dan ruangan kamar mandi dan toilet di sekolah tersebut.

Padahal pungutan yang dilakukan SMAN 2 Cikut terhadap seluruh siwa dari kelas X hingga kelas XII itu tidak lajim dilakukan. Sebab sekolah tersebut telah dibiayai oleh pemerintah, baik untuk operasionalnya dan pembangunan sarana dan prasarananya. Sehingga pungutan itu pengalokasian dan penyerapannya menjadi pertanyaan.

Hal itu seperti yang diungkapkan masyarakat yang menjadi pemerhati pendidikan, Sinambela saat dikonfirmasi Renas, Senin (15/1).

Menurutnya, pungutan yang dilakukan  SMAN 2 Cikut itu patut menjadi pertanyaan di sejumlah kalangan. Sebab, sekolah tersebut telah di biayai oleh pemerintah, baik pemerintah pusat dan daerah yang dialokasikan melalui anggaran Biaya Operasional Sekolah (BOS).

Anggaran bantuan melalui BOS dari pemerintah terhadap sekolah itu, merupakan komitmen pemerintah dalam program pendidikan gratis. Sehingga tidak ada lagi, dalil bagi pihak sekolah untuk melakukan pungutan terhadap siswa, ujarnya.

"Pemerintah telah menggelontorkan anggaran terhadap sekolah melalui program BOS. Anggaran itu demi menyukseskan progran pemerintah untuk pendidikan gratis," ungkap Sinambela.

Sinambela menambahkan, anggaran yang digelontorkan pemerintah untuk pendidikan gratis tersebut sangat besar melalui dana BOS. Dana itu diperuntukan bagi operasional sekolah dan ada juga untuk pembangunan sarana prasarana. Sehingga tidak ada alasan lagi bagi sekolah untuk melakukan pungutan, terlebih untuk pembangunan kamar mandi dan pembangunan lainnya, tambah Sinambela.

"Biaya operasional sekolah dan rehab sekolah sudah dialokasikan pemerintah melalui dana BOS. Jadi tidak alasan sekolah melakukan pungutan untuk kegiatan itu," tegasnya.

Sehingga pihaknya mempertanyakan dasar pungutan yang dilakukan sekolah tersebut. Dan sejauhmana dana pungutan itu diserap oleh pihak sekolah, karena anggaran untuk rehabilitasi kamar mandi dan WC itu sudah disediakan pemerintah, imbuhnya.

Pihak sekolah seharusnya memberikan laporan pertanggungjawaban terhadap dana yang telah dipungut dari orangtua siswa tersebut. Hal itu dilakukan demi menghindari tudingan miring dari masyarakat terhadap pengelolaan anggaran sekolah, urainya.

"Dana yang telah dipungut dari orang tua siswa itu harus dipertanggungjawabkan. Sehingga tidak ada tudingan miring dari masyarakat," imbuhnya.

Kepala Bidang SMA Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Yesa Sarwedi, saat dikonfirmasi Renas melalui telepon selulernya mengungkapkan, pihak sekolah diperbolehkan melakukan pungutan iuran bulanan, selama ada kesepakatan dengan pihak orangtua siswa. Dan tidak membebani pihak orangtua siswa yang miskin, ujarnya.

Namun, jika ada sekolah negeri yang telah dibiayai pemerintah melakukan pungutan hanya untuk merehabilitasi kamar mandi dan WC, hal itu tidak diperbolehkan. Apalagi jika pungutannya mencapai jutaan rupiah, tentu sangat memberatkan orangtua siswa, apalagi siswa miskin, ungkapnya.

Sementara, Kepala SMAN 2 Cikut, Trisudana saat dikonfirmasi Renas, Senin (15/1) di ruangannya, tidak berhasil ditemui. ***



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Flow Meter Tokico Jakarta

    Hello there, You’ve done a great job. I’ll definitely digg it and personally ...

    View Article
  • Open Trip Pulau Seribu

    Hey, you used to write great, but the last few posts have been kinda boring¡K I ...

    View Article
  • Distributor pipa HDPE

    Wow, superb blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look ...

    View Article
  • jakarta sewa mobil

    tidak hanya supir truk juga, terkadang pengendara lain seperti mobil atau motor juga ...

    View Article