Pramuka Kabupaten Bogor Ikuti Jota Joti Hingga Kancah Internasional

By Reaksi Nasional 22 Okt 2019, 16:10:32 WIBJabar dan Banten

Pramuka Kabupaten Bogor Ikuti Jota Joti Hingga Kancah Internasional

Keterangan Gambar :


Oleh Marihot Pakpahan  

REAKSI BOGOR- Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor menyelenggarakan kegiatan Jambore On The Air (JOTA) Nasional ke-82 dan Jambore On The Internet (JOTI) Nasional ke-40 tingkat Kabupaten Bogor, selama tiga hari dan berakhir Minggu (20/10), di Bumi Perkemahan Cimandala Sukaraja.

Hal itu dilakukan untuk memperluas jejaring komunikasi antar anggota pramuka lokal, nasional, maupun internasional. Sarana bertukar infotmasi dan pengalaman, serta pengetahuan para anggota pramuka. 

Jambore On The Air (JOTA) dan Jambore On The Internet (JOTI) merupakan kegiatan tahunan gerakan pramuka, yang diselenggarakan secara nasional, provinsi maupun tingkat Kabupaten bekerjasama dengan organisasi radio amatir RI. 

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor, Didi Kurnia mengatakan, salah satu tujuan kegiatan Jota Joti Pramuka Tingkat Kabupaten Bogor, selain untuk memperluas jejaring komunikasi antar anggota pramuka diberbagai daerah bahkan internasional, sarana bertukar infotmasi dan pengalaman. Juga untuk meningkatkan pengetahuan anggota pramuka, hingga saling bertukar informasi. 

“Melalui kegiatan ini, kami coba manfaatkan media internet untuk mendapat informasi kepramukaan sebagai wadah saling tukar ilmu, pengetahuan dan keterampilan. Melalui JOTA dan JOTI, peserta dapat berkomunikasi langsung dengan anggota pramuka luar daerah. Diera teknologi ini, kita harus siap menghadapinya, kami berharap dengan kegiatan ini bisa melahirkan generasi unggul dengan penguasaan teknologi yang optimal,” tegas Didi.

Katanya menambahkan, Jota Joti Pramuka tingkat Kabupaten Bogor, diikuti oleh 40 kwartir ranting Se-Kabupaten Bogor, dengan jumlah peserta sekitar 1.280 orang.

“Alhamdulilah antusias peserta sangat tinggi, karena kegiatan ini dapat meningkatkan jalinan silaturahmi dan komunikasi yang aktif. Melalui media ini tidak ada batas waktu dan ruang, karena menggunakan jaringan radio dan internet," ungkapnya. 

Di tempat yang sama, salah satu anggota pramuka Kabupaten Bogor, Anna Restiana menuturkan, banyak pengalaman serta ilmu pengetahuan yang ia dapat dalam kegiatan tersebut.

“Banyak manfaat, mulai dari teman baru, mengenal budaya daerah lain, program inovasi pramuka di seluruh Indonesia. Serta meningkatkan kualitas kemampuan diri dalam menghadapi perubahan zaman kedepannya. Wajib dilakukan setiap tahun, sukses untuk pramuka Kabupaten Bogor,” kata Anna. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment