PMI Jakbar Gelar Donor Darah di Kelurahan Wijaya Kusuma

By Reaksi Nasional 25 Jun 2020, 13:16:56 WIBMegapolitan

PMI Jakbar Gelar Donor Darah di Kelurahan Wijaya Kusuma

Keterangan Gambar :  Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Barat, H. Baharuddin menyaksikan pelaksanaan kegiatan donor darah di Kelurahan Wijaya Kusuma, Jakbar.


Oleh Khairuddin Sinambela/Maulen Munthe)

REAKSI JAKARTA -Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Barat menggelar donor darah secara sukarela di kantor Kelurahan Wijaya Kusuma, Kecamatan Grogol Petamburan Kota Administrasi Jakarta Barat, kemarin.

Pelaksanaan donor darah kali ini diikuti berbahai elemen masyarakat baik dari ASN, Satpol PP, FKDM, Babinsa, PKK, LMK dan Ketua RW. 

Ketua PMI Jakarta Barat, H.Baharuddin menjelaskan, kegiatan donor darah ini menjadi rangkaian kegiatan PMI Jakarta Barat dalam rangka memperingati Hari Donor Darah sedunia, yang jatuh pada 14 Juni lalu.

Pelaksanaan kegiatan donor darah sukarela ini merupakan upaya PMI Jakarta Barat untuk membantu pemenuhan darah buat pasien yang sedang sakit dan membutuhkannya. 

"Kami menyambut gembira atas kehadiran para pendonor di kantor Kelurahan Wijaya Kusuma dan mengucapkan terimakasih atas kepeduliannya pada kegiatan donor darah ini," jelasnya. 

Kegiatan donor darah sukarela yang dilaksanakan di Kantor Kelurahan Wijaya Kusuma diikuti kurang lebih 50 pendonor yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN), Satpol PP, FKDM, Babinsa, PKK, LMK dan Ketua RW.

Sementara Lurah Wijaya Kusuma, Novi Indria Sari mengatakan, pengaruh pandemi COVID-19 sangat mempengaruhi kegiatan ini karena aktivitas warga dibatasi. 

Pandemi COVID-19 ini menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi menurunnya ketersediaan darah di PMI Jakarta. "Secara tidak langsung berpengaruh pada kegiatan sosial, seperti donor darah. Kita mengajak semua pihak, terutama warga Wijaya Kusuma untuk bersedia mendonorkan darahnya," sahut Novi.

Sebelum pendonor mengikuti pelaksanaan kegiatan donor darah sukarela ini, mereka terlebih dahulu mematuhi penerapan protokol kesehatan, diantaranya pendonor terlebih dahulu cek suhu badan, cuci tangan dengan sabun, wajib memakai masker dan jaga jarak. 

Dengan adanya kegiatan ini, Novi berharap agar masyarakat bisa memahami dan peduli serta bersama-sama menanggulangi pandemi COVID-19. "Masa pandemi COVID-19 adalah masa kita saling berbagi, saling membantu. Saya bersama warga dan PMI Jakarta Barat melawan COVID-19. Saya bisa. Pasti bisa, Jakarta tangguh," ungkapnya. (R1) 

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment