PMI dan Sudis Pendidikan I Jakbar Disinfeksi dan Sosialisasi 5M di Sekolah Antisipasi Penyebaran Cov

By Reaksi Nasional 08 Jun 2021, 13:20:13 WIBMegapolitan

PMI dan Sudis Pendidikan I Jakbar Disinfeksi dan Sosialisasi 5M di Sekolah Antisipasi Penyebaran Cov

Keterangan Gambar : Petugas mendisinfeksi ruang kelas sebelum PPDB dimulai.


Oleh Khairuddin Sinambela & Maulen Munthe

REAKSI JAKARTA - Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19, PMI Jakarta Barat menggelar disinfeksi massal di lingkungan sekolah sebelum berlangsungnya PPDB Tahun ajaran baru 2021 dan 2022, Senin (7/6/2021).

Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Barat melakukan kegiatan penyemprotan disinfeksi massal di 249 sekolah menjelang dilaksanakannya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2021.

Ketua PMI Jakarta Barat, H.Baharuddin mengutarakan, pihaknya melibatkan sebanyak 42 orang petugas dan relawan PMI Jakbar untuk melakukan disinfeksi massal di gedung sekolah di wilayah Suku Dinas (Sudis) Pendidikan I Jakarta Barat.

Petugasnya dibagi dalam beberapa kelompok untuk melakukan penyemprotan pada ruang kelas sekolah SD, SMP, dan SMA. "Dalam kurun waktu seminggu ini, PMI menyemprot sebanyak 249 sekolah di wilayah Sudis Pendidikan I Jakbar," ujarnya.

Baharuddin juga menegaskan, kegiatan penyemprotan disinfektan dilakukan dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 sehingga memberikan rasa aman bagi orangtua murid dan peserta didik jika nantinya diberlakukan kembali kegiatan proses belajar mengajar di sekolah.

Ia juga menambahkan, penyemprotan disinfektan dilakukan secara merata pada setiap sekolah, baik itu gedung SD, SMP, dan SMA. Tidak melihat status zona Covid. "Kita semprot baik itu sekolah masuk dalam zona hijau, kuning atau orang. Ini agar PPDB berjalan dengan lancar dan aman," terangnya.

Selain penyemprotan disinfektan, pihak PMI Jakarta Barat juga melakukan sosialisasi dan edukasi pentingnya menerapkan protokol kesehatan 5M yakni Mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir, Memakai masker, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan serta membatasi aktivitas di luar rumah.

Kepala Suku Dinas Pendidikan I Jakbar, Aroman mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan ini pihaknya berkoordinasi dengan PMI Jakarta Barat guna melakukan penyemprotan disinfektan pada gedung-gedung sekolah. Hal ini sebagai upaya persiapan PPDB serta pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah.

Lebih tegas ia juga mengingatkan, meski telah disemprot, namun pihaknya juga menginstruksikan kepada petugas Posko pada masing-masing sekolah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Kami juga meminta petugas posko untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Barangkali ada orangtua murid yang datang, harus tetap memberlakukan protokol kesehatan," pungkasnya.  (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment