Pj Walikota Bekasi Temukan Kenaikan Harga Daging Ayam dan Telur
Jelang Ramadhan, Stok Daging Ayam Langka

By Reaksi Nasional 09 Mei 2018, 13:41:56 WIBReaksi Bekasi

Pj Walikota Bekasi Temukan Kenaikan Harga Daging Ayam dan Telur

Keterangan Gambar :


Oleh Hamzah Aryanto

REAKSI BEKASI - Pj Walikota Bekasi dan Dinas Pangan Kota Bekasi lakukan sidak harga dan ketersediaan sembako jelang Ramadhan di Pasar Kranji Bekasi, Rabu (9/5/2018).

Menurut Pj Walikota Bekasi Rudy Gandakusumah, kegiatan ini adalah agenda rutin tahunan. Dalam sidak tahun ini harga bahan pokok tidak ada kenaikan, hanya saja ayam dan telur terjadi keterbatasan pasokan dan terjadi kenaikan harga walau tidak terlalu signifikan.

Rudi menyesalkan terjadi kenaikan harga ayam dan telur sebelum Ramadhan, ia khawatir pangan tersebut akan kembali naik saat Ramadhan tiba. Tapi di sisi lain Rudi bersyukur untuk harga cabai (dengan jenis apapun), daging, ikan, beras, dan bahan pokok lainnya tidak terjadi kenaikan.

"Ramadhan seminggu lagi, harga ayam sudah mencapai 37 ribu, biasanya 30 ribu. Berarti ada perbedaan harga yang cukup tinggi, kalau terus naik berarti ada masalah ini. Menjelang Puasa yang namanya sembako khususnya telur akan menjadi perhatian kita bersama," ujar Rudi.

Dia menambahkan, Tim Satgas akan mencari tahu serta mengevaluasi dari data yang dimiliki perihal terjadinya kelangkaan stok ayam.

Ia menegaskan, apabila mengetahui sumber permasalahannya di mana, maka akan melayangkan surat ke pihak terkait untuk klarifikasi keadaan yang sedang terjadi.

"Kita akan buat evaluasi. Kita punya Satgas Pangan nanti kita rapatkan, kita evaluasi dan bagaimana menyikapinya. Kenaikan ini tidak normal, saya pikir ada sesuatu ini, sesuatunya apa, kita lihat nanti," tambahnya.

Rudi menyatakan kewenangan yang dimilikinya bersama Tim Satgas Pangan akan melakukan evaluasi dan apabila terlihat ada dugaan permainan harga dengan sengaja dan bisa menyengsarakan rakyat, maka ia akan kerahkan kepolisian untuk melakukan pengamanan. Dan pihaknya akan terus antisipasi atas semua kemungkinan yang ada.

Pj Walikota Bekasi menambahkan, baik dirinya maupun Kepala Dinas Pangan sudah melakukan pengecekan di pasar lain perihal harga pangan dan ia menyatakan semua harga relatif sama.

Menurut dia, Pasar Kranji adalah indikator induk dari seluruh pasar di Bekasi, apabila harga pangan di Pasar Kranji stabil maka harga di pasar lain ikut stabil.

"Prinsipnya apapun yang sudah menjadi tradisi dan itu bisa stabilkan pasar, maka kita akan lalukan. Kami akan memberikan yang terbaik untuk masyarakat, jangan sampai masyarakat harus menerima akibat dari suatu keadaan dan situasi di luar kemampuan mereka. Dengan keterbatasannya mereka harus bisa menikmati dengan harga yang stabil," tegasnya.

Rudi berharap, kondisi ini hanya situasional yang tidak permanen dan seluruh harga pangan di saat bulan Ramadhan kembali kondusif. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • tempat les bahasa inggris

    sering - sering update artikelnya | ang ...

    View Article
  • Jasa Sumur Bor yogyakarta

    jarang sekali ada web site yang meyediakan artikel semenarik ini | ang ...

    View Article
  • jasa bikin seragam online murah di bandung

    Situs Anda selalu memberikan berita yang update, menarik dan bermanfaat | nur ...

    View Article
  • jasa bikin seragam partai di bandung

    artikelnya sudah bagus, di tunggu update terbarunya terimakasih | nur ...

    View Article