Pilwu Serentak Kabupaten Cirebon Tahun 2021 Butuh Anggaran Rp 21 Miliar 

By Reaksi Nasional 07 Apr 2021, 16:01:05 WIBJabar dan Banten

Pilwu Serentak Kabupaten Cirebon Tahun 2021 Butuh Anggaran Rp 21 Miliar 

Keterangan Gambar :


Oleh Hafidzudin

            REAKSI CIREBON - Pemilihan Kuwu (Pilwu) serentak Kabupaten Cirebon yang akan digelar bulan November 2021, dan diikuti oleh 135 desa di 38 Kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon. Pelaksanaan Pilwu tersebut tentunya membutuhkan sejumlah anggaran, bahkan pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( DPMD ) Kabupaten Cirebon pun kabarnya sudah mengajukan anggaran sebesar Rp 21 Miliyar.

            Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) pada DPMD Kabupaten Cirebon, Suyatno mengatakan bahwa, DPMD Kabupaten Cirebon awalnya mengajukan anggaran untuk Pilwu serentak Kabupaten Cirebon tahun 2021 kurang lebih sebesar Rp 30 Miliyar. "Tapi setelah berkoordinasi dengan Bappelitbangda ternyata ada koreksi jadi Rp 21 Miliyar, itu juga masih belum ditentukan," katanya.

            Disampaikannya, apabila nilai pengajuan anggaran tersebut disetujui, maka per TPS akan mendapatkan rata-rata nominal sebesar Rp 10 juta. Meskipun setiap desa akan mendapatkan anggaran Pilwu yang berbeda tiap desanya.

            "Anggaran biaya pilwu serentak Kabupaten Cirebon 2021 tiap tiap desa yang melaksanakan Pilwu serentak 2021, nominalnya berbeda, tergantung dari jumlah TPS yang ada di tiap-tiap desa yang akan menyelenggarakan pilwu 2021, karena kita menganggarkannya per TPS jadi jelas setiap desa akan berbeda anggarannya," jelasnya.

            Selain itu, dirinya juga menjelaskan, penetapan besaran biaya per TPS tersebut menyusul kebijakan proses pemilihan kuwu serentak Kabupaten Cirebon 2021 dimasa pandemi Covid-19, yaitu dengan memperbanyak TPS.

            "Jumlah pemilih ditiap tiap TPS dibatasi maksimal 500 pemilih untuk meminimalisir kerumunan, jadi satu desa itu bisa sampai 17 TPS," ungkapnya.

            Ditambahkannya, dalam pelaksanaan Pilwu, panitia Pilwu tidak diperbolehkan memungut biaya dalam bentuk apapun dari para calon kuwu. "Calon kuwu tidak boleh dibebani anggaran walaupun ada kesepakatan, tetap tidak boleh, kalau tetap dibebani, itu pelanggaran," imbuhnya. (R1)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Plealpsweeprire

    https://essaywriterturbo.com/ paper writer [url=https://essaywriterturbo.com/ ...

    View Article
  • DenClink

    [url=http://genericivermectin.com/]stromectol how much it cost[/url] ...

    View Article
  • AshleyTom

    writing essays help [url=https://writeapapperss.com/ ]essay typer generator [/url] buy ...

    View Article
  • JudyClink

    <a href="http://ivermectinbestbuy.com/">ivermect in 1%cream</a> ...

    View Article