Peternak Keluhkan Harga Jual Daging Babi Sangat Rendah

By Reaksi Nasional 11 Mar 2020, 12:03:46 WIBNusantara

Peternak Keluhkan Harga Jual Daging Babi Sangat Rendah

Keterangan Gambar : Gibson Siregar, Kadis Perindag Taput.(IST)


Oleh Marudut Nababan

REAKSI TAPUT- Meski saat ini penyakit virus kolera sudah mulai surut namun daging babi masih dihargai Rp15.000 per/kg,  hal itu dikatakan Tuani Nababan, salah seorang peternak babi  kepada  Reaksi, Rabu (11/3/2020) di Tarutung.

"Kita masyarakat peternak babi saat ini bingung dengan situasi yang kami alami meskipun penyakit babi sudah mulai surut namun harga babi kami masih sangat murah dihargai Rp 15.000 per/kg jujur kami sangat tidak terima dengan situasi yang kami alami ini," kata Tuani Nababan.

Lebih lanjut Tuani mengatakan, hidup orang Batak di Tapanuli Utara  pada umumnya beternak babi,   jika harga babi  per kg Rp15.000  maka jelas merugi. Pasalnya bibit anak babi (lomok-lomok ) Rp850.000 per ekor  sebagai modal beternak babi.

“Jadi nanti setelah kami pelihara selama 1 tahun penuh maka babi kami beratnya 70 kg dan jika dijual dengan harga Rp 15.000 Per/kg maka babi kami itu Rp1.050.000 jujur kami sudah bingung dengan keadaan ini,  ada baiknya harga babi per/kg diperbaiki,” harap Tuani.

Karenanya, Tunani harapkan dari pihak yang berkompeten yang membidangi, yaitu Gibson Siregar selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten agar memperjuangkan harga HET (Harga Eceran Tertinggi ) babi.

“Jika dihargai Rp 40.000 per kg, hal itu menurut saya sudah cocok demi kesejahteraan masyarakat Tapanuli Utara jangan Rp15.000 dong," pungkas Tuani.

Saat Reaksi mengkonfirmasi Gibson Siregar,  Kadis Perindag Taput, Rabu (11/3/2020) pukul 11.30, pihaknya mengatakan akan mengupayakan keluhan masyarakat tersebut.

"Ya kita akan perjuangkan bersama harga pasar daging babi tersebut," kata Gibson Siregar

Ketika ditanya kapan pihak Dinas Perindag Taput monitoring harga tersebut Gibson Siregar menyatakan dalam waktu dekat.

“Akan secepatnya kita lakukan,” pungkas Gibson. (R1)

 

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Jamesnap 22 Okt 2020, 23:04:12 WIB

    skilled 1 to mexican rather online steadfast to standing sexually. <a href=https://ciamedusa.com/>generic cialis reviews webmd</a> Ntsgbd typtfd

View all comments

Write a comment