Personil Gabungan Angkut Lumpur Kali Grogol

By Reaksi Nasional 11 Okt 2021, 12:58:17 WIBMegapolitan

Personil Gabungan Angkut Lumpur Kali Grogol

Keterangan Gambar : Personil gabungan sedang mengangkat lumpur kali grogol


Oleh Joni Matondang

REAKSI JAKARTA - Ratusan personil gabungan dikerahkan untuk mengeruk lumpur di Kali Grogol, Kelurahan Kebayoran Lama Selatan, Kebayoran Lama,  Jakarta Selatan, Minggu (10/1). Dalam kegiatan kali ini, Camat Kebayoran Lama Iwan Setiawan menuturkan, kegiatan yang dilakukan merupakan bagian dari grebek lumpur, dengan cara mengangkat sedimen dan material lantaran kali sudah mengalami pendangkalan.

"Beberapa lokasi sudah terjadi  salah satunya kalau hujan lebat air naik sampai hampir dua meter, ya ada 12 RT yang terendam. Minimal mengurangi, kalau hujan ya cepat surutnya," katanya.

Iwan menuturkan, hasil koordinasi dengan Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan, satu alat berat diturunkan untuk mengangkut lumpur. Nantinya lumpur akan dibuang ke lahan yang dimiliki oleh Sudin SDA Jaksel. Namun, jika material berupa tanah merah, akan dibuang ke kawasan Makam Tanah Kusir.

"Dibuang kesana karena ada permintaan, ada lokasi yang tergenang dan membutuhkan material tanah untuk menutup," jelasnya.

Iwan mengatakan, mereka yang terlibat hari ini adalah perangkat kerja yang dimiliki satuan pelaksana. Pihaknya juga melibatkan warga agar berpartisipasi. Terlebih grebek lumpur bertujuan untuk memperlancar saluran air di Kali Grogol yang disodet ke Kali Pesanggrahan.

"Personil hampir sama dengan minggu lalu, ada unsur SDA, Bina Marga, Lingkungan Hidup, UPK Badan Air Satpolpp, Gulkarmat dan warga.  Tercatat tadi 150 orang, dan 50 persennya harus turun ke air," ujarnya. (R1)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment