Pengamat: Waspadai Framing Sumber Komunikasi di Tahun Politik

By Reaksi Nasional 31 Jan 2019, 13:08:24 WIBNasional

Pengamat: Waspadai Framing Sumber Komunikasi di Tahun Politik

Keterangan Gambar : Emrus Sihombing.


Oleh Bontor Sitanggang

REAKSI BEKASI - Pengamat komunikasi politik, Emrus Sihombing mengungkapkan analisis framing media acapkali di dengar. Namun, sangat jarang kita dengar adanya framing si sumber komunikasi. Padahal, framing sumber nyata ada dan sangat sarat dengan motif, termasuk kepentingan politik di balik pesan komunikasi politik, utamanya di tahun politik.

Emrus menjelaskan, ketika manusia, baik individu maupun kelompok, sebagai sumber komunikasi memproduksi pesan. senantiasan diwarnai subyektivitas dan nilai yang dianutnya. Itu pasti. Karena itu, publik perlu memahami seksama framing setiap pesan yang disampaikan oleh si sumber komunikasi.

Setiap pesan komunikasi pasti sarat dengan kepentingan siapapun yang memproduksi pesen. Pesan komunikasi tidak lepas dari nilai yang dianut oleh aktor sosial yang memproduksi pesan. Pesan komunikasi tidak ada di ruang hampa.

Sebagai contoh, mari kita lihat kutipan langsung dari seorang sumber berita (Adt) yang dimuat pada salah satu media online terkemuka di Indonesia berikut, "KPK mesti sidik T. Dia harus segera dicegah."  “T” dalam hal ini adalah nama inisial seseorang.

"Dari kutipan tersebut dapat diungkap makna denotatif dan makna konotatif. Makna denotatif sebagaimana tertulis pada kutipan langsung tersebut. Denotatif sama sekali tidak mampu menggali makna paripurna dari pesan tertulis tersebut. Karena itu, untuk memperoleh makna paripurna dari pesan tersebut, sebagai framing dari Adt,  harus dilihat dari sudut konotatif," ujar Emrus Sihombing, kepada Renas melalui pesan tertulisnya, Kamis, (31/01/2018).

Menurut Emrus, dari kutipan langsung, KPK mesti sidik T, dia harus segera dicegah, terdapat dua susunan kata kunci yang bisa digunakan untuk mengungkap makna paripurna, yaitu mesti disidik dan segera dicegah.

Kemudian, penyebutan mesti disidik, selain Adt memposisikan dirinya lebih superior dari KPK, pemakaian dua kata tersebut, seolah menjadi keharusan bagi KPK. Padahal, KPK harus bekerja atas dasar data dan bukti hukum. KPK tidak boleh bekerja atas opini dan tekanan oleh siapapun. KPK itu merdeka. Karena itu, ungkapan Adt itu tak ubahnya seperti mengajari ayam bertelor.

Bila Adt murni bertujuan menegakkan dan keberlakukan hukum kepada siapapun, misalnya, sejatinya Adt mengemukakan dan atau menyampaikan fakta dan bukti hukum ke KPK, tentu harus sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Kemudian ungkapan segera dicegah, seolah orang yang namanya disebut (T) oleh Adt ada kemungkinan akan melarikan diri. Selain itu, Adt memposisikan orang yang disebut namanya (T) tidak nyaman dan seperti orang yang tidak satria. Bila tujuannya murni agar yang bersangkutan tidak melepaskan tanggungjawabnya, sejatinya Adt menyampaikan ke publik dan menyerahkan fakta, data, bukti dan disertai argumentasi rasional kepada KPK, tentu yang tidak bertentangan dengan aturan hukum yang berlaku.

Singkatnya, penyebutan mesti disidik dan segera dicegah pada kalimat kutipan langsung dari Adt, seperti disebut di atas, salah satu bukti adanya framing si sumber yang sarat dengan nilai dan kepentingannya.

"Karena itu, publik harus mewaspadai framing si sumber komunikasi. Si sumber bisa saja bertujuan memanipulasi persepsi publik dalam rangka mewujudkan kepentingan subyektifnya di ruang publik," tandas Emrus. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • uguhozamevo

    http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/ - Amoxicillin <a ...

    View Article
  • eyusoxax

    http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/ - Amoxicillin Online <a ...

    View Article
  • buy fake degree

    Wonderful website. A lot of helpful info here. I am sending it to a few pals ans ...

    View Article
  • camo polar fleece fabric

    Thanks for every other informative site. Where else could I get that type of info ...

    View Article