Penerimaan Siswa Baru SMA Negeri Jalur ABK di Bekasi Terindikasi Curang

By Reaksi Nasional 24 Jul 2020, 11:31:37 WIBReaksi Bekasi

Penerimaan Siswa Baru SMA Negeri Jalur ABK di Bekasi Terindikasi Curang

Keterangan Gambar : Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.


Oleh Charles Panjaitan

REAKSI CIKARANG - Penerimaan siswa baru untuk tingkat SMA Negeri di Bekasi yang baru saja selesai dilaksanakan panitia PPDB terindikasi alami kecurangan. Dugaan kecurangan tersebut terjadi diantaranya saat penerimaan siswa yang menggunakan jalur Anak Kebutuhan Khusus (ABK).

Bahkan informasi yang kini beredar, saat penerimaan siswa baru dugaan kecurangan lainnya mulai menyeruak diantaranya, pemalsuan dokumen calon siswa agar bisa diterima di sekolah favorit pilihannya.

Berdasar informasi yang dihimpun dari sejumlah sumber menyebutkan, Jalur ABK (anak berkebutuhan khusus) dari 22 SMA Negeri di Kota Bekasi, tercatat 8 sekolah menerima siswa dari jalur ABK. SMAN 1 (2 orang), SMAN 2 (12 orang), SMAN 3 (1 orang), SMAN 5 (1 orang), SMAN 8 (4 orang), SMAN 9 (3 orang), SMAN 11 (1 orang), dan SMAN 14 (1 orang).

Informasi juga menyebutkan, para siswa yang diterima di SMA Negeri pavorit itu bukanlah siswa berkebutuhan khusus. Hal diutarakan beberapa siswa tempat asa sekolahnya di SMPN. Bahkan, Kepala SMP dan wali kelas siswa juga menyebutkan, bahwa sepanjang pengetahuan mereka bukanlah siswa dengan status berkebutuhan khusus (ABK).

Dari hasil penelusuran, di SMAN 1 Bekasi, tercatat diterima 2 siswa ABK. 1 siswa dari SMPN 12 Kota Bekasi, dan 1 lagi dari SMP Katolik di Bekasi Timur. Informasi yang diterima dari Kepala SMPN 12 Kota Bekasi, siswa yang masuk jalur ABK tersebut sebenarnya bukanlah ABK. Hanya lemah fisik karena histori kesehatan, pernah patah rusuk.

"Saya kenal dengan anak ini. Memang orang tuanya alumni SMAN 1, dan tinggal di Galaxy," ungkap Kepala SMPN 12.

Secara prinsip PPDB, hal ini sebenarnya sudah menyalahi aturan. Jalur ABK disediakan mengambil porsi Jalur Zonasi. Dengan prinsip, agar anak-anak berkebutuhan khusus mendapat tempat dan terterima di sekolah di sekitar tempat tinggalnya. Tapi, bila ada anak berkebutuhan khusus yang mendaftar ke sekolah yang jaraknya 6 kilometer lebih, sudah menjadi pertanyaan besar.

Hal yang sama juga terjadi di SMAN 2 Bekasi. Ada ditenemukan beberapa siswa yang menggunakan Jalur ABK ternyata kondisinya baik-baik saja. Bahkan kategori sehat, sempurna dan dari keluarga "the have". Hal itu seperti yang diutarakan salah satu siswa, teman satu sekolah yang sama. Diperkuat dengan keterangan wali kelas dan kepala sekolah asalnya.

Bukan hanya di SMAN 1 dan 2, indikasi kecurangan menggunakan Jalur ABK ternyata juga terendus di SMAN 3, 5, 8, 9 dan 11. Kepala-kepala SMP tempat siswa itu berasal mengungkapkan bahwa mantan anak didiknya tersebut bukan berstatus ABK.

Sementara di SMAN 8, tercatat 4 ABK, dan dari keterangan SMPN 29, tidak ada lulusan mereka yang berstatus ABK. Hal serupa juga diungkapkan Kepala SMPN 15, SMPN 26 dan SMPN 34. Mereka dengan tegas mengatakan bahwa tidak ada lulusan sekolah mereka yang berstatus ABK.

Fenomena jalur ABK ini merupakan sebuah preseden buruk dunia pendidikan. Sebuah tindakan imoral, tapi diakomodir oleh sekolah. Mengerikan.

Sementara pemerhati sosial, Tomu Silaen saat dimintai tanggapannya mengatakan, bahwa apa yang dilakukan para siswa dan orang tua yang memanfaatkan jalur tersebut adalah kesalahan besar.

"Itu penipuan yang tidak bermoral. Sudah selayaknya Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Inspektorat dan aparat hukum turut menindak lanjuti ini. Visi Jabar Juara sudah tidak layak disandang bila penipuan-penipuan rendahan seperti ini dibiarkan," ujat Tomu dengan nada sinis.

Semetara Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dedi Supandi hingga berita ini diturunkan belum memberikan klarifikasi, meskipun Reaksi sudah melakukan konfimasi melalui nomor teleponnya. (R1)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • tempat bikin jaket jogja

    terimakasi infonya sukses selalu wiw https://www.buatkaosjogja.net ...

    View Article
  • pakar politik dunia

    terimakasi infonya sukses selalu ais https://digipolitica.com ...

    View Article
  • game online

    terimakasi infonya sukses selalu lin https://warta.fish-games.org/ ...

    View Article
  • AmyClink

    <a href="https://citalopramb.com/">citalopram 20mg for sale</a> ...

    View Article