Pemkot Serang Luncurkan Pelayanan Kegawatdarutan “ Serang Siaga 112”

By Reaksi Nasional 12 Feb 2019, 11:45:51 WIBJabar dan Banten

Pemkot Serang Luncurkan Pelayanan Kegawatdarutan “ Serang Siaga 112”

Keterangan Gambar : Walikota Serang Syafrudin didamping Wakil Walikota Serang Subadri Usuludin, Plt Kepala Diskominfo Kota Serang W Hari Pamungkis dan pejabat Forkopimda Kota Serang konferensi pers Serang Siaga 112.


Oleh Peterson Nainggolan

REAKSI SERANG – Pemkot Serang meluncurkan layanan nomor tunggal pelayanan kegawatdaruratan ‘Serang Siaga 112’. Peluncuran digelar di halaman kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Serang, Senin (11/2).

Peluncuran inu dihadiri Wali Kota Serang Syafrudin, Wakil Wk Serang Subadri Usuludin, perwakilan dari unsur Forkopimda Kota Serang dan perwakilan dari Kementerian Kominfo.

W Hari Pamungkas, Plt Kepala Diskominfo Kota Serang mengatakan bahwa dengan layanan ‘Serang Siaga 112’ ini masyarakat Kota Serang bisa menghubungi instansi terkait ketika mengalami atau menyaksikan kejadian darurat dengan menghubungi nomor ‘112’. Nomor itu dapat dihubungi melalui telepon rumah atau ponsel tanpa dibebani pulsa.

Jenis kedaruratan yang bisa dilaporkan di antaranya kebakaran, kriminalitas, bencana alam dan sebagainya. Untuk menindaklanjuti setiap laporan, jaringan 112 ini terkoneksi dengan berbagai instansi atau lembaga di wilayah Kota Serang di antaranya Polda Banten, Polres Serang, Kodim Serang, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, PMI, dan lainnya.

“Dalam SOP, eksekusi kita diberi waktu 7 menit, mulai dari laporan masuk hingga diterima,” ujarnya.

Acara peluncuran ini dilanjut dengen peresmian ‘Bale Sandimaya’ di gedung Diskominfo Kota Serang. Di ruang ini ditampilkan hasil pantauan CCTV yang ada di sejumlah kantor dinas yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat, pelayanan di kecamatan, hingga pantauan lalu lintas di wilayah Kota Serang yang bekerja sama dengan NTMC Polri, Polda Banten, Polres Serang, dan Dishub Banten.

“Tahun ini diupayakan pantauan CCTV hingga seluruh kelurahan,” katanya.

Dalam ruang ‘Bale Sandimaya’ pejabat Pemkot Serang juga bisa memantau pengaduan masyarakat terkait pelayanan pemerintah melalui aplikasi ‘Rabeg-Reaksi atas Berita Warga’. Melalui aplikasi ini warga bisa mengadukan apa saja yang terjadi di lingkungannya dan akan dilanjutkan ke instansi terkait. “Minimal 3×24 jam yang diadukan lewat Rabeg ditindaklanjuti oleh dinas terkait,” ujarnya.

Hari menyatakan, di ruang ‘Bale Sandimaya’ juga ditampilkan sistem pelayanan kesehatan, absensi pegawai, hingga keuangan daerah melalui SiMRAL. “Kita juga tampilkan harga sembako yang dipantau Disperindagkop Kota Serang,” katanya. (R2)

 

 

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Flow Meter Tokico Jakarta

    Hello there, You’ve done a great job. I’ll definitely digg it and personally ...

    View Article
  • Open Trip Pulau Seribu

    Hey, you used to write great, but the last few posts have been kinda boring¡K I ...

    View Article
  • Distributor pipa HDPE

    Wow, superb blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look ...

    View Article
  • jakarta sewa mobil

    tidak hanya supir truk juga, terkadang pengendara lain seperti mobil atau motor juga ...

    View Article