Pemkot Jakbar Luncurkan Deteksi Dini Kanker Payudara dan Leher Rahim

By Reaksi Nasional 13 Mar 2019, 13:41:54 WIBMegapolitan

Pemkot Jakbar Luncurkan Deteksi Dini Kanker Payudara dan Leher Rahim

Keterangan Gambar : Wakil walikota Jakbar M.Zen saat memberikan himbauan dan arahan kepada ASN, serta penandatanganan kesepakatan di Ruang Serbaguna Ali Sadikin.


Oleh Khairuddin Sinambela/Maulen Munthe

REAKSI JAKARTA -Peluncuran deteksi dini kanker payudara dan kanker leher rahim terhadap 300 Aparatur Sipil Negara (ASN) dilakukan melalui tes IVA Sadanis di Ruang Serbaguna Ali Sadikin, Lantai Dasar Blok A, Gedung Kantor Walikota Jakarta Barat, Selasa (12/3/19).

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Wali Kota Jakarta Barat, M. Zen. Dia mengatakan, saat ini wilayah Jakarta Barat berada di peringkat pertama penderita penyakit kanker payudara dan peringkat kedua penyandang penyakit kanker serviks (leher rahim) di wilayah propinsi DKI Jakarta.

Para pengidap penyakit ini umumnya berlatar belakang pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI, Polri, BUMN dan BUMD, katanya.

Guna menyikapi hal tersebut, maka Pemkot Jakarta Barat berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran yang meliputi cakupan terhadap lapisan masyarakat dalam melaksanakan deteksi dini kanker payudara dan kanker leher rahim.

Komitmen itu dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) Walikota Jakbar No. 107 tentang pelaksanaan deteksi dini kanker leher rahim dan kanker payudara di Jakarta Barat.

Sesuai dengan Instruksi Gubernur DKI Jakarta kepada setiap Kepala UKPD wajib mendorong, memotivasi, dan menugaskan ASN perempuan serta istri ASN untuk berperan aktif dalam melakukan deteksi dini kanker leher rahim dan payudara melalui tes IVA Sadanis, terangnya.

Kristy Wathini selaku Kepala Suku Dinas Kesehatan (Kasudiskes) Jakbar mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran para ASN perempuan untuk rutin melakukan deteksi dini kanker leher rahim dan payudara. Dan ini sekaligus merupakan bentuk kepedulian Pemkot Jakbar terhadap kesehatan ASN, ucapnya.

Menurut Kristy, Peluncuran deteksi dini kanker payudara dan leher rahim melalui tes IVA Sadanis dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Kanker Sedunia yang jatuh pada 4 Februari yang lalu.

Dan tahun ini tema yang di angkat adalah “Saya adalah saya dan saya akan (I am and I will). Tema ini bermakna mengajak semua pihak terlibat untuk menjalankan peran masing-masing dalam mengurangi beban karena menderita penyakit kanker," ungkap Kristy.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2018, ada 18,1 juta kasus baru dengan angka kematian sebesar 9,6 juta. Dimana 1 dari 5 pria dan 1 dari 6 perempuan di dunia menderita penyakit kanker.

Sementara angka kejadian penyakit kanker di Indonesia (136.2/100.000 penduduk) dan menduduki peringkat ke 8 se-Asia Tenggara. Sedangkan angka kejadian untuk perempuan tertinggi adalah kanker payudara, yaitu sebesar 42,1 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 17 per 100.000 penduduk. Kemudian diikuti kanker leher rahim sebesar 23,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 13,9 per 100.000 penduduk, cetusnya.

Berdasarkan data Riskesdas, prevalensi tumor/kanker di Indonesia menunjukkan adanya peningkatan dari 1.4 per 1000 penduduk di tahun 2013 menjadi 1,79 per 1000 penduduk pada tahun 2018.

Untuk mencegahnya, maka Pemkot Jakbar memberikan komitmen terhadap kesehatan ASN agar melakukan deteksi dini kanker payudara dan leher rahim, di kantor Walikota Jakarta Barat dengan fasilitas kesehatan. “Untuk peluncuran ini, kami mempersiapkan 300 set alat pemeriksaan tes IVA Sadanis dan deteksi dini penyakit kanker buat ASN, sebelum bulan Ramadhan tiba,” tutur Kristy. (R1)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • custom t shirt manufacturers china

    I was wondering if you ever thought of changing the structure of your website? Its ...

    View Article
  • cashmere sweater manufacturers in india

    Hi! I could have sworn I've been to this site before but after going through ...

    View Article
  • mercerized cotton polo shirts

    Awesome blog! Do you have any tips for aspiring writers? I'm planning to start ...

    View Article
  • cheerleader uniform dress

    I think this is one of the most important info for me. And i am glad reading your ...

    View Article