Pemkab Cirebon Peringati Hari Santri Nasional 2020

By Reaksi Nasional 23 Okt 2020, 12:56:11 WIBJabar dan Banten

Pemkab Cirebon Peringati Hari Santri Nasional 2020

Keterangan Gambar : Bupati Cirebon, Drs H Imron Rosyadi, MAg


Oleh Hafidzudin       

REAKSI CIREBON - Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 sebagai Hari Santri Nasional. Keppres tersebut ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 15 Oktober. Penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional itu terkait dengan peranan para santri dalam melawan Belanda saat agresi militer kedua, dan di tahun 2020 ini, Hari Santri Nasional (HSN) jatuh pada Kamis, (22/10/20) dengan tema “Santri Sehat Indonesia Kuat”.

            Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon, pun menggelar upacara di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Cirebon, Kamis (22/10/20), dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Cirebon, H. Imron Rosyadi.

            Bupati Cirebon, H. Imron Rosyadi, dalam sambutannya mengatakan, bahwa dirinya sangat yakin pesantren bisa melewati masa pandemi Covid-19 ini dengan baik. Walaupun pesantren merupakan salah satu wilayah yang cukup rentan terpapar virus Covid-19, namun banyak pesantren yang bisa menanggulanginya dengan baik. “Walaupun dengan segala keterbatasan, namun pesantren memiliki kemampuan dalam melakukan penanganan dan pengendalian virus Covid-19,” katanya.

            Menurutnya, salah satu faktor utama keberhasilan pesantren dalam pengendalian Covid-19, yaitu sikap kesederhanaan yang selalu diajarakan dalam kehidupan pesantren. Selain itu, Imron juga melihat para kyai dan pimpinan pesantren, sangat memiliki perhatian yang sangat besar terhadap kesehatan para santri.

            Dirinya menuturkan, Para kyai, sangat mengutamakan kesehatan dan keselamatan para santri, yang berada di pondok pesantren. Walaupun pesantren sudah dirasa mampu dalam menangani Covid-19, Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon juga ikut berikhtiar bersama, untuk menanggulangi penyebaran virus Covid-19 di pesantren. “Kami juga ikut berikhtiar, agar para santri, kiai dan masyarakat, untuk bisa segera terlepas dari pandemi Covid-19 ini,” ujar Imron.

            Menurutnya, kesehatan dan keselamatan para santri sangat penting untuk diperhatikan. Karena santri memiliki peran besar dalam berdirinya negara dan juga kemajuan negara saat ini. Kesehatan para santri, bisa ikut menunjang kemajuan dan pembangunan wilayah.

                Oleh karena itu, Imron juga mengucapkan terima kasih kepada santri, atas kontribusi besarnya selama ini kepada Indonesia maupun Kabupaten Cirebon. Dirinya yakni, sesuai dengan tema HSN tahun 2020 yakni Santri Sehat Indonesia Kuat."Jika santri sehat, maka Indonesia akan kuat," pungkasnya. (R1)
 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment