Pemerintah Resmikan Pemakaian LTSA di Bima

By Reaksi Nasional 21 Feb 2019, 12:11:17 WIBNasional

Pemerintah Resmikan Pemakaian LTSA di Bima

Keterangan Gambar : Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemnaker Irianto Simbolon berjabat tangan dengan Bupati Bima Indah Damayanti Putri usai meresmikan pemakaian LTSA di Bima, NTB


Oleh Friendly Sianipar

REAKSI JAKARTA – Setelah meresmikan beberapa Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) di berbagai daerah, kali ini Kemnaker meresmikan kantor pelayanan untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) itu di Bima, Nusa Tenggara Barat.

“Pembangunan LTSA ini merupakan tempat pelayanan dokumen calon PMI yang berfungsi melindungi pekerja migran dan keluarganya. Dengan adanya LTSA maka kualitas pelayanannya dapat ditingkatkan, "kata Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemnaker Irianto Simbolon ketika ikut menyaksikan peresmian LTSA, Rabu (20/2).

Dengan diresmikanya LTSA di Bima itu, katanya melanjutkan, sudah ada 31 LTSA di seluruh daerah yang siap melayani PMI dan keluarganya. LTSA itu terdapat 3 di Kabupaten Gianyar, Provinsi Jatim, dan NTB.

Kemudian di Provinsi Kalbar, Kabupaten Kupang, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi NTT, Provinsi Kepri, dan Kabupaten Nunukan. Lalu ada juga di kabupaten Cilacap, Brebes, Pati, Kendal, Tulungagung, Sambas, Loteng, Lobar, Lotim, Sumbawa, Karawang, Sukabumi dan kabupaten Cirebon. Selain itu ada juga di daerah kabupaten Banyumas, Grobogan, Wonosobo, Ponorogo, Banyuwangi, Bima dan Sika, Indramayu dan Subang.

Ia mengatakan, kehadiran LTSA ini untuk mewujudkan efektivitas penyelenggaraan pelayanan penempatan dan pelindungan pekerja migran serta memberikan efisiensi dan transparansi dalam pengurusan dokumen PMI.

 “LTSA di Bima sangat penting, karena daerah ini merupakan nomor lima pengirim PMI terbanyak di Nusa Tenggara Barat. Kita berharap hadirnya LTSA ini bisa mencegah masyarakat Bima menjadi korban perdagangan manusia. Melalui LTSA, masyarakat akan dibimbing sesuai dengan prosedur yang benar jika ingin bekerja ke luar negeri, sehingga mereka tidak menjadi korban," kata Irianto.

R. Irianto Simbolon menegaskan pada 2015-2018 telah dibangun keseluruhan 31 LTSA. Pada 2015, 3 LTSA diresmikan

Bupati Bima Indah Damayanti Putri menegaskan, LTSA di Bima akan memberikan kepastian kepada pekerja migran untuk memperoleh pelayanan yang mudah, murah dan solutif.

"Dulu sulit, mahal dan tanpa kepastian, sehingga celah itu dimanfaatkan calo. Akibatnya banyak pekerja migran ilegal yang berdampak terhadap adanya persoalan. Sekarang ada perubahan yang tadinya sulit, mahal, lama menjadi mudah, murah dan ada kepastian," katanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bima, Nasrullah, menambahkan, melalui LTSA, masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri bisa mendapatkan informasi lowongan kerja, mengurus dokumen yang dibutuhkan seperti paspor, dokumen kependudukan, asuransi BPJS dan juga terdapat desk Pelayanan Pengaduan Permasalahan Pekerja Migran Indonesia. (R2)

 

 

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • custom t shirt manufacturers china

    I was wondering if you ever thought of changing the structure of your website? Its ...

    View Article
  • cashmere sweater manufacturers in india

    Hi! I could have sworn I've been to this site before but after going through ...

    View Article
  • mercerized cotton polo shirts

    Awesome blog! Do you have any tips for aspiring writers? I'm planning to start ...

    View Article
  • cheerleader uniform dress

    I think this is one of the most important info for me. And i am glad reading your ...

    View Article