Pelaksanaan HBKB di Jakbar Tetap Ikuti Protokol Kesehatan

By Reaksi Nasional 29 Jun 2020, 10:06:36 WIBMegapolitan

Pelaksanaan HBKB di Jakbar Tetap Ikuti Protokol Kesehatan

Keterangan Gambar :  Antusias dari masyarakat terlihat saat mengikuti car free day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Puri Kembangan dan Jalan Hayam Wuruk-Gajah Mada, Jakbar Minggu (28/6/2020) pagi.


Oleh Khairuddin Sinambela/Maulen Munthe

REAKSI JAKARTA -Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Barat melaksanakan Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), Minggu (28/6) pagi. 

Kegiatan Car Free Day atau HBKB dilaksanakan Pemkot Jakarta Barat di dua titik lokasi yang berbeda, yakni Jalan Hayam Wuruk-Gajah Mada dan kawasan Sentra Primer Barat (SPB) Kembangan atau CNI yang berlangsung tertib dan lancar.

Fredy Setiawan, sebagai Asisten Ekonomi dan Pembangunan Jakarta Barat langsung memantau pelaksanaan HBKB di Jalan Hayam Wuruk-Gajah Mada.

Dia melihat semangat dari masyarakat terutama penggowes sepeda yang terlihat sangat antusias. 

Mereka mengayuhkan sepeda sambil menikmati suasana pagi. "Saya lihat mereka sangat antusias, terutama masyarakat yang bersepeda. Bisa enjoy sambil berolahraga dan tidak ada pedagang," sahut Fredy saat memonitoring pelaksanaan HBKB dilokasi.

Walau terlihat enjoy, namun pelaksanaan HBKB atau car free day tak luput dari penerapan protokol kesehatan. Dimana setiap masyarakat diwajibkan untuk memakai masker, mencuci tangan dengan sabun serta tidak boleh berkerumun. 

Disekitar lokasi kegiatan terlihat sejumlah petugas dari Satpol PP dan Dishub Jakarta Barat yang ditempatkan pada sejumlah titik keluar masuk lokasi HBKB. "Kita tetap menerapkan protokol kesehatan. Tadi saya lihat ada lima warga yang berolahraga tapi tidak pakai masker. Kita beri sanksi kerja sosial, yakni membersihkan fasilitas umum," terangnya. 

Untuk pelaksanan HBKB kali ini, petugas membagi dua lajur yakni lajur khusus sepeda dan masyarakat yang berolahraga. Ini dilakukan agar terlihat lebih rapi dan tertib. 

Terkait jadwal pelaksanaan HBKB, Fredy, menjelaskan bahwa Pemkot Jakarta Barat akan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan car free day mengingat saat ini masih berlangsung masa PSBB transisi. "Kami belum memastikan terkait pelaksanaan kegiatan ini apakah nanti permanen dilakukan sekali seminggu atau dua kali seminggu. Karena ini masih masa PSBB transisi," jelasnya. 

Sedangkan pelaksanaan car free day di kawasan Puri Indah, Kembangan juga berlangsung dengan lancar dan tertib. Para penggowes sepeda terpantau memanfaatkan lajur sepeda yang telah dibuat oleh Pemkot Jakarta Barat.

Sejumlah petugas dari Satpol PP dan Dishub Jakarta Barat ditempatkan di semua titik keluar masuk lokasi untuk memantau pelaksanaan car free day. Mereka juga memberikan sanksi sosial kepada sejumlah masyarakat yang melanggar Pergub No 51 Tahun 2020.  (R1)

 

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment