PD Kebersihan Kota Bandung Sosialisasikan Program Kang Pisman

By Reaksi Nasional 11 Okt 2018, 13:39:55 WIBJabar dan Banten

PD Kebersihan Kota Bandung Sosialisasikan Program Kang Pisman

Keterangan Gambar :


Oleh Ferry Ardiansyah & Herry Juhana

REAKSI BANDUNG - Walikota Bandung Oded M Danial di awal kepemimpinannya fokus menangani masalah sampah. Dengan jargon Kang Pisman atau Kurangi Pisahkan dan Manfaatkan, Oded bertekad hal itu harus jadi budaya warga Bandung.

"Kalau pengelolaan sampah sudah jadi budaya warga Kota Bandung insya Allah tidak akan lagi jadi masalah," tutur Mang Oded sapaan akrabnya pada acara "Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Rabu (10/10/2018).

Oded mengatakan, selama lima tahun memimpin akan terus fokus menangani persoalan sampah. Sebab, ia meyakini jika tak segera diatasi sampah bisa menjadi bom waktu yang akan menjadi masalah besar.

"Sampah di Bandung ini bisa mencapai 1.500 ton per hari atau sama dengan 75 centimeter seluas lapangan sepakbola. Maka kalau pengelolaan tidak baik akan menjadi bom waktu," katanya.

Menurutnya, meski Kota Bandung telah tiga kali berturut-turut menerima Piala Adipura, namun hal itu bukan sebuah jaminan. Sehingga ia mengajak seluruh warga untuk turut peduli terhadap permasalahan tersebut.

Untuk semakin membudayakan pengelolaan sampah, Oded akan memasifkan Bandung Bebersih melalui gerakan Kang Pisman atau Kurangi Pisahkan dan Manfaatkan. Melalui gerakan ini ia mengajak warga untuk menuntaskan persoalan sampah mulai dari rumah atau lingkungan masing-masing.

Program tersebut, kata Oded, kini semakin dimasifkan dengan gerakan yang dilakukan di seluruh kecamatan. Bahkan beberapa daerah di ataranya sudah masuk dalam kategori Kawasan Bebas Sampah (KBS).

"Mang Oded imbau dan ajak semua warga untuk memiliki semangat senantiasa menghadirkan kebaikan melalui pengelolaan sampah ini," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Umum PD Kebersihan Kota Bandung, Gun Gun Saptari mendukung program yang digulirkan walikota tersebut.

Menurutnya, program itu sangat membantu  untuk mewujudkan lingkungan sehat dan bersih.

“PD Kebersihan Kota Bandung bakal mengampayekan Kang Pisman. Kang Pisman ini merupakan program upaya memilah dan menjadikan sampah agar memiliki nilai ekonomis,” jelas Gun Gun.

Menurutnya, pengelolaan sampah di Kota Bandung tidak bisa hanya dilakukan oleh PD Kebersihan. Pengelolaan sampah harus dikerjakan bersama-sama dengan seluruh stakeholder.

Salah satu cara untuk mengajak seluruh stakeholder peduli sampah, yaitu melalui Kang Pisman. Gun Gun menjelaskan, Kang Pisman berarti, Kang (kurangi sampah makanan), Pis (pilah sampah) dan Man (manfaatkan sampah menjadi nilai jual).

“Ke depan kita akan kampanyekan ini kepada masyarakat bahwa kebersihan lingkungan itu penting, salah satunya mengelola sampah,” terang dia.

Kang Pisman sebenarnya, adalah 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Namun menjadi Kang Pisman agar memiliki nilai kesundaan dan agar lebih akrab lingkungan masyarakat Kota Bandung. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • uguhozamevo

    http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/ - Amoxicillin <a ...

    View Article
  • eyusoxax

    http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/ - Amoxicillin Online <a ...

    View Article
  • buy fake degree

    Wonderful website. A lot of helpful info here. I am sending it to a few pals ans ...

    View Article
  • camo polar fleece fabric

    Thanks for every other informative site. Where else could I get that type of info ...

    View Article