Panwaslu Kota Bekasi Sosialisasikan Pengawasan Pemilu ke Kelompok Perempuan

By Reaksi Nasional 09 Mei 2018, 14:14:16 WIBReaksi Bekasi

Panwaslu Kota Bekasi Sosialisasikan Pengawasan Pemilu ke Kelompok Perempuan

Keterangan Gambar : Panwaslu Kota Bekasi sosialisasikan pengawasan pemilu partisipatif kepada kelompok perempuan di Hotel Ammarosa, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Rabu (9/5/2018). (REAKSI)


Oleh Hamzah Aryanto

REAKSI BEKASI - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bekasi melaksanakan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif kepada kelompok perempuan di Hotel Ammarosa, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Rabu (9/5/2018).

Kelompok perempuan disasar sebagai bagian program yang telah dicanangkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat (Jabar).

"Betul Bawaslu secara simultan di 27 kabupaten dan kota mengadakan agenda seperti ini," kata Ketua Bawaslu Jabar Herminus Koto.

Menurut Herminus, perempuan punya peran strategis dalam pengawasan pemilu. Terlebih karena partisipan pemilih perempuan Kota Bekasi dalam daftar pemilih tetap (DPT)  sebanyak 720.664 jiwa lebih besar ketimbang DPT laki-laki sebanyak 713.687 jiwa.

Selain menyasar kelompok perempuan dalam sosialisasi, pihaknya juga menyasar kelompok-kelompok lainnya. Di antaranya, kelompok mahasiswa, kelompok disabilitas, kelompok pramuka, kelompok santri, dan tokoh-tokoh masyarakat.

Ia menjelaskan, tahapan demi tahapan pilkada memang membutuhkan partisipasi tinggi dalam pengawasan. Masyarakat berbagai latar belakang diikutsertakan agar kinerja Panwaslu tiap daerahnya dapat terbantu.

"Dalam pemilihan kepala daerah tentu partisipasi aktif dari masyarakat di setiap tahapan jadi penting, selain perannya untuk memberikan hak pilih," kata Herminus.

Untuk itu, Herminus meminta, para kelompok perempuan lintas organisasi ini dapat bekerja sama dengan Panwaslu. Dia mengatakan, Panwaslu telah mempunyai fasilitas ruangan untuk dimanfaatkan masyarakat.

"Pertama, kita punya pojok pengawasan bisa digunakan untuk berdiskusi, saling sharing ide atau melaksanakan program kerja terkait kepemiluan. Di tingkat Panwascam kita juga sudah membuka forum warga," katanya. (R2)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment