Oknum Pejabat Diduga Gelapkan Lahan TPU Ruko Patriot Square
* Tak Ada Izin Pemanfaatan dan Penyewaan Lahan ** Penerbitan IMB Disinyalir tak Sesuai Aturan

By Reaksi Nasional 27 Feb 2018, 17:12:16 WIBNasional

Oknum Pejabat Diduga Gelapkan Lahan TPU Ruko Patriot Square

Keterangan Gambar :


Oleh Tim Reaksi

Para pemangku jabatan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi diduga secara korporasi melakukan penggelapan atas lahan fasilitas sosial dan fasilitas umum (Fasos/ Fasum) dan tanah pemakaman umum (TPU) kompleks Ruko Patriot Square di Jalan Patriot, Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat.

Untuk memuluskan dugaan penggelapan itu, seperti dikemukakan sumber Reaksi, Senin (26/2), para oknum pejabat di Pemkot Bekasi ditengarai memanipulasi perizinan Ruko tersebut. Tidak heran, menurut sumber itu, terbitnya izin mendirikan bangunan (IMB) bangunan itu dinilai tak sesuai aturan.

Ironisnya, lahan Fasos dan Fasum yang dikuasai pemilik Ruko Patriot Square sejak tahun 2013 itu, hingga saat ini tidak ada izin pemanfaatan atau penyewaan lahan yang dikeluarkan Pemkot Bekasi.

Ironisnya, walaupun tidak ada dikeluarkan izin pemanfaatan atau penyewaan lahan Fasos dan Fasum, di lokasi itu bisa berdiri kompleks Ruko Patriot Square. Hal inilah yang membuat munculnya dugaan bahwa para oknum pemangku jabatan secara korporasi melakukan penggelapan.

Ketua LSM Pencegahan Korupsi Anggaran Pemerintah-Republik Indonesia (PKAP-RI) Silaen mengungkapkan, para oknum pemangku jabatan Pemkot Bekasi yanag diduga turut terlibat dalam indikasi penggelapan Fasos/ Fasum dan TPU Ruko Patriot Square yakni  “Kos”, mantan Kepala Dinas Tata Kota (Distako), “MK”, mantan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), “RH”, mantan Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT), Lurah Jakasampurna dan Camat Bekasi Barat.

“Seluas 1.602 meter persegi lahan Fasos/ Fasum milik Pemkot Bekasi dikuasai pemilik Ruko Patriot Square pada 2013, kemudian rencana tapak dikeluarkan Distako dan pengurusan IMB dilakukan pada 2014. Jadi kompleks  Ruko Patriot Square bisa berdiri di atas lahan Fasos/ Fasum tanpa ada izin pemanfaatan atau penyewaan lahan,” ungkap Silaen, Senin (26/2).

Silaen menuturkan, lahan Fasos/Fasum itu dulunya ditempati para pedagang kaki lima (PKL). Selain itu, kata dia lagi, pada saat pemilik Ruko Patriot Square menduduki lahan itu, mereka memberikan uang kompensasi sebesar Rp1,5 miliar ke para PKL dan hal itu diketahui pihak kelurahan dan kecamatan setempat.

“Jadi pemilik Ruko Patriot Square mendirikan 21 unit ruko tiga lantai di atas lahan itu. Sudah dari awal terkesan ada permainan kongkalikong antara pemilik Ruko Patriot Square dengan oknum pemangku jabatan,” ucap Silaen.

Berdasarkan Perda Nomor 16 tahun 2011 tentang penyediaan dan penyerahan prasarana, sarana dan utilitas kawasan perumahan, perdagangan dan industri oleh pengembang di Kota Bekasi, “Kos”, Kadistako saat itu, yang ditunjuk Wali Kota Bekasi melakukan proses verifikasi terhadap rencana tapak bangunan Ruko Patriot Square, harus bertanggungjawab terhadap adanya indikasi pembiaran  pengembang menguasai tanah negara itu.

Silaen juga mengatakan, berdasarkan investigasi PKAP-RI, Ruko Patriot Square sebanyak 21 unit. Menurutnya, berdasarkan Perda 16 tahun 2011, pengelola wajib memberikan dua meter persegi per unit ruko, yakni 2 meter persegi x 21 unit ruko = 42 meter persegi ke Pemkot Bekasi yang diperuntukkan untuk lajan TPU.

Namun lahan TPU tersebut diduga tidak ada, sehingga IMB Ruko Patriot Square terindikasi tidak sesuai mekanisme. “RH”, selaku Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) pada saat itu, menurut Silain, harus mempertanggungjawabkan hal itu secara hukum.

Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) juga diduga melakukan kerjasama terselubung (korporasi), di mana terkesan ada pembiaran pengembang menguasai tanah negara. Masih menurut Silaen, “MK” selaku Kepala BPKAD pada saat itu juga harus mempertanggungjawabkannya secara hukum.

Terpisah, Kasi Pemanfaatan Lahan pada BPKAD Kota Bekasi Budi mengakui, jika lahan Fasos Fasum yang dikuasi pengelola Ruko Patriot Square belum ada dikeluarkan izin pemanfaatan atau penyewaan dari Pemkot Bekasi.

“Nanti akan kita tindaklanjuti ke lapangan. Saya cek belum ada dikeluarkan izin pemanfaatan atau penyewaan dan memang banyak juga aset Pemkot Bekasi yang begitu. Saya baru tahu itu lahan yang dikuasai Ruko Patriot Square merupakan Fasos/ Fasum milik Pemkot Bekasi,” ungkap Budi.

Pemilik Ruko Patriot Square belum bisa dihubungi Reaksi, Senin kemarin, terkait dengan dugaan tersebut. ***



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Plafon 27 Nov 2018, 16:08:18 WIB

    oknum seperti harus cepat di brantas agar ketentraman dan juga pembangunan negri terus berjalan lebih maju, dan di setiap sektor wilayah dapat terjangkau kemajuan tekhnologi yang ada, karena jika tetap di biarkan maka oknum - oknum seperti ini akan terus menjamur

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • custom t shirt manufacturers china

    I was wondering if you ever thought of changing the structure of your website? Its ...

    View Article
  • cashmere sweater manufacturers in india

    Hi! I could have sworn I've been to this site before but after going through ...

    View Article
  • mercerized cotton polo shirts

    Awesome blog! Do you have any tips for aspiring writers? I'm planning to start ...

    View Article
  • cheerleader uniform dress

    I think this is one of the most important info for me. And i am glad reading your ...

    View Article