Negara ASEAN Sepakat Perkuat Kerja Sama Bidang Ketenagakerjaan

By Reaksi Nasional 14 Sep 2021, 15:13:34 WIBNasional

Negara ASEAN Sepakat Perkuat Kerja Sama Bidang Ketenagakerjaan

Keterangan Gambar : Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi.


Oleh Friendly Sianipar

REAKSI JAKARTA – Sesama anggota Negara ASEAN serta tiga negara mitranya sepakat mengembangkan dan meningkatkan pola kerjasama bidang ketenagakerjaan. Ketiga negara mitra itu adalah Tiongkok (RRT), Jepang, dan Republik Korea.

Kesepakatan kerjasama tersebut mengemuka dalam pertemuan pejabat senior ASEAN bidang ketenagakerjaan ke-19 atau 19th Senior Labour Officials Meeting Plus Three (SLOM+3), secara hybrid virtual meeting di Jakarta, Jumat  (10/9/2021).

"Dari diskusi pertemuan SLOM Plus Three tadi, Tiongkok, Jepang, dan Republik Korea sangat terbuka sekali mengenai berbagai kesempatan untuk bekerja sama di bidang ketenagakerjaan," kata Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi, saat menutup SLOM+3 secara virtual, sebagaimana siaran pers Biro Humas Kemnaker yang diterima Renas, Selasa (14/9/2021).

Tuan rumah pertemuan para pejabat antar negara ASEAN adalah Vietnam. Pada pertemuan, juga hadir delegasi Tiongkok Hezu Ma, Hirashima Masakuni (Jepang) dan Kil Joon Noh (Republik Korea).

Hezu Ma meminta negara ASEAN tetap memperkuat proyek kerja sama yang sudah berjalan seperti soal Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau ASEAN Occupational Safety and Health (ASEAN-OSHNET) di sektor industri. Penguatan kerja sama lainnya yakni soal pelayanan ketenagakerjaan yang menyangkut pasar kerja global dan kerja sama menghadapi pandemi dalam dunia kerja.

Anwar Sanusi menilai Tiongkok merupakan salah satu negara yang berhasil menangani dan bertahan di masa pandemi, bahkan ekonominya tetap berkembang sangat pesat. "Kita harus belajar dari Tiongkok yang berhasil mengatasi pandemi," ujarnya.

Sedangkan delegasi Jepang, Hirashima Masakuni menginginkan kerja sama pengembangan kerangka kerja hubungan industrial yang baru, pengurangan bentuk-bentuk pekerjaan terburuk untuk anak di bidang pertanian, keterampilan industri untuk fase pertumbuhan inklusif tahap kedua dan peningkatan standar K3 di bidang konstruksi.

Sementara itu, Republik Korea melalui Kil Joon Noh juga mendukung berbagai kerja sama regional ketenagakerjaan dalam program berbagi pengetahuan penelitian peningkatan sistem pendidikan dan pelatihan Vokasi Petugas K3 di Cambodia, Laos, Myanmar dan Viet Nam (CLMV).

Anwar Sanusi menambahkan saat ini juga masih berlangsung kerja sama studi peningkatan daya saing Sumber Daya Manusia ASEAN melalui Kurikulum Technical and Vocational Educational and Training (TVET) Responsif antara Republik Korea dengan Filipina, Thailand, dan Viet Nam.

"Mudah-mudahan kita bisa memanfaatkan momentum SLOM+3 ini untuk dua tahun ke depan sebaik-baiknya, untuk kemajuan ASEAN secara umum, dan kemajuan ketenagakerjaan di Indonesia," kata Anwar Sanusi. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • tempat les bahasa inggris

    sering - sering update artikelnya | ang ...

    View Article
  • Jasa Sumur Bor yogyakarta

    jarang sekali ada web site yang meyediakan artikel semenarik ini | ang ...

    View Article
  • jasa bikin seragam online murah di bandung

    Situs Anda selalu memberikan berita yang update, menarik dan bermanfaat | nur ...

    View Article
  • jasa bikin seragam partai di bandung

    artikelnya sudah bagus, di tunggu update terbarunya terimakasih | nur ...

    View Article