MPC Tuding Kunjungan Distan Kabupaten Cirebon ke Bali Terindikasi Buang Anggaran

By Reaksi Nasional 14 Mar 2019, 11:52:22 WIBJabar dan Banten

MPC Tuding Kunjungan Distan Kabupaten Cirebon ke Bali Terindikasi Buang Anggaran

Keterangan Gambar :


Oleh Hafidzudin

REAKSI CIREBON - Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon  beberapa waktu lalu mengadakan kunjungan ke pulau dewata Bali dengan alasan memenuhi undangan petani jamur di daerah itu. Tetapi dalam rangka apa dan bagaimana kunjungan tersebut tidak jelas. Bahkan, muncul dugaan kunjungan tersebut hanya membuang-buang anggaran.

Kabid Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon Tuti menuturkan, kunjungan ke Bali adalah untuk menghadiri undangan petani jamur yang ada di Bali dalam rangka studi banding budi daya jamur untuk dapat diterapkan di Kabupaten Cirebon. Meski demikian, dia tidak menjelaskan secara rinci siapa saja yang berangkat ke Pulau Dewata tersebut.

“Intinya acara di Bali itu hanya memenuhi undangan dari petani jamur yang ada di sana, bukan acara yang tidak jelas. Sedangkan untuk siapa saja yang ke sana itu ranah kewenangan kami dari Dinas Pertanian . Selain itu juga kunjungan tersebut hanya beberapa hari, karena selain di petani jamur berkunjung juga ke petani kopi untuk mempelajari bagaimana penanaman kopi yang baik,” kata Tuti, pada  7 Maret 2019 lalu.

Sementara itu Ketua MPC (Masyarakat Peduli Cirebon) Hendra mengatakan, kunjungan ke Bali dari Dinas Pertanian yang katanya diundang petani jamur yang ada di sana hanya alibi pihak Dinas Pertanian.

Menurut dia, kalau benar itu undangan dari petani jamur mestinya ada undangan resmi dan harus ditunjukkan surat undangannya.

“Jangan hanya sekadar ngomong kalau kunjungan tersebut undangan, apalagi pihak Dinas Pertanian melalui Kabid Hortikultura tidak menyebutkan siapa saja yang berangkat dan anggarannya dari mana, berapa hari serta yang didapatkan dari acara kunjungan tersebut itu  dapat diterapkan atau tidak  di Kabupaten Cirebon,” kata Hendra, Kamis (13/3).

Menurut Hendra, sesuai informasi yang didapat pihaknya, kunjungan itu ditengarai hanya sekadar piknik dan anggarannya pun diduga urunan dari berbagai bidang yang ada di Dinas Pertanian.

“Kami menduga acara kunjungan ke Bali itu hanya pembuangan anggaran saja apalagi diduga anggarannya pun urunan dari Bidang yang ada di Dinas Pertanian. Karena itu, pihak terkait dalam hal ini Inspektorat ataupun aparat penegak hukum lainnya harus bertindak agar jangan sampai anggaran hanya dibuang untuk keperluan yang tidak jelas,” ungkapnya.

Ditambahkannya, Kabupaten Cirebon harus semakin bersih dari para pejabat yang hanya mementingkan kepentingan pribadi atau golongan saja. “Jangan sampai terjadi lagi kasus Bupati Sunjaya yang terkena OTT KPK karena permasalahan anggaran yang hanya untuk kesenangan pribadi dan golonngan saja,” katanya. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • custom t shirt manufacturers china

    I was wondering if you ever thought of changing the structure of your website? Its ...

    View Article
  • cashmere sweater manufacturers in india

    Hi! I could have sworn I've been to this site before but after going through ...

    View Article
  • mercerized cotton polo shirts

    Awesome blog! Do you have any tips for aspiring writers? I'm planning to start ...

    View Article
  • cheerleader uniform dress

    I think this is one of the most important info for me. And i am glad reading your ...

    View Article