Menko Marves Kagum Atas Transformasi BLK

By Reaksi Nasional 13 Okt 2021, 12:01:19 WIBNasional

Menko Marves Kagum Atas Transformasi BLK

Keterangan Gambar : Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dan Menaker Ida Fauziah mengunjungi workshop kejuruan otomotif di BLK Samarinda. (Ist)


Oleh Friendly Sianipar

REAKSI JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengaku kagum sekaligus memuji kinerja Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah karena berhasil mentransformasi Balai Latihan Kerja (BLK).

“Saya kagum dan bangga dengan transformasi BLK ini. Awalnya saya menyangka BLK masih biasa-biasa aja seperti dulu, tapi setelah melihat langsung, saya bener-bener surprise, ternyata BLK sudah berubah menjadi sangat bagus begini," kata Menko Luhut saat berkeliling ke beberapa kejuruan di dalam BLK Samarinda, Selasa (12/10/2021).

Ia mengaku bangga melihat perkembangan pembangunan BLK dan peralatannya yang sudah mengikuti perkembangan jaman, seperti kejuruan otomotif, teknik las, dan teknik manufaktur.

Kemnaker sengaja membangun dan mengembangkan BLK agar dapat mempercepat peningkatan kompetensi sumber daya manusia Indonesia. Sebab dalam perkembangan jaman dan teknologi, Indonesia membutuhkan SDM kompeten dalam jumlah besar. Oleh karena itu pembangunan BLK diharapkan dapat mengakselerasi penyiapan tenaga kerja terampil yang berkualitas dan berdaya saing dalam jumlah yang masif dan tersebar merata di seluruh wilayah Indonesia

Dalam kunjungan tersebut, Luhut mengaku diajak Menaker untuk melihat kondisi BLK Samarinda. Putra Batak itu mengaku surprise dengan keberadaan BLK yang sudah berubah menjadi sangat bagus.

"Saya diajak oleh Mbak Menaker untuk melihat BLK di Samarinda ini. Awalnya saya menyangka BLK masih biasa-biasa aja seperti dulu, tapi setelah lihat langsung saya bener-bener surprise, ternyata BLK sudah berubah menjadi sangat bagus begini. Inilah salah satu wujud nyata transformasi BLK yang sedang dan akan terus digenjot oleh Mbak Ida," katanya.

Menaker Ida Fauziyah, mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan transformasi BLK sebagai salah satu dari 9 Lompatan Kemnaker. Menurutnya, dari 21 BLK UPTP yang ada di seluruh Indonesia, hingga kini terdapat 8 BLK yang sudah berhasil ditransformasi.

"Kini Kemnaker sedang dan terus bekerja keras menyelesaikan transformasi seluruh BLK UPTP di seluruh Indonesia," katanya.

Ia juga mengatakan pihaknya tengah fokus membangun SDM kompeten, khususnya di Kalimantan Timur melalui BLK. Ia meminta dukungan Menko Marves agar upayanya berjalan lancar.

"Saya meminta dukungan Pak Luhut untuk terus mencetak SDM yang kompeten dan sesuai dengan kebutuhan industri daerah setempat," ucapnya. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment