Menaker Berangkatkan 173 PMI ke Taiwan

By Reaksi Nasional 24 Nov 2021, 14:20:08 WIBNasional

Menaker Berangkatkan 173 PMI ke Taiwan

Keterangan Gambar : Menaker Ida Fauziah melepas 173 PMI ke Taiwan secara virtual.


Oleh Friendly Sianipar

REAKSI TANGERANG – Sedikitnya, 173 Pekerja Migran Indonesia (PMI) diberangkatkan untuk bekerja ke Taiwan. Mereka dilepas secara virtual oleh Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, Rabu (24/11/2021) melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

"Merupakan sebuah kebanggaan bagi saya untuk memberikan sambutan sekaligus melepas keberangkatan anak-anakku para PMI untuk bekerja ke Taiwan," kata Ida

Ia menjelaskan, otoritas Taiwan menutup penempatan ke negaranya sejak Desember 2020 karena Pandemi Covid 19. Dalam masa itu, kata Ida, Kementerian Ketenagakerjaan melakukan sejumlah langkah untuk mengupayakan penempatan kembali sesuai persyaratan yang ditentukan oleh otoritas Taiwan. Upaya itu antara lain melakukan negoisasi dengan otoritas Taiwan, baik melalui The Taipei Economic and Trade Office (TETO) di Jakarta maupun dengan Kementerian Tenaga Kerja Taiwan di Taipei.

“Negoisasi itu untuk meyakinkan Otoritas Taiwan bahwa PMI siap ditempatkan dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat. Perjuangan kita semua pada masa pandemi COVID- 19 ini cukup berat, terutama yang harus dilalui para PMI, di mana proses penempatan ke Taiwan sempat tertunda hampir satu tahun," kata Ida.

Dengan negoisasi itu, sambung Ida, akhirnya Pemerintah Taiwan membuka kembali penempatan PMI pada 11 November 2021 lalu. Penempatan ini terjadi karena Indonesia berhasil meyakinkan Pemerintah Taiwan melalui penerbitan SOP (Standar Operasional Prosedur) pelaksanaan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19 di Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) dan Lembaga Pelatihan Kerja Luar Negeri (LPK-LN).

"Untuk itu, saya ucapkan selamat kepada para PMI yang telah berhasil melalui semua tantangan yang cukup berat itu. Kepada para penanggung jawab P3MI dan BLKLN  saya minta tetap berkomitmen melaksanakan SOP sehingga dapat menunjukan keseriusan Indonesia dalam pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19, baik di dalam dan di luar negeri.," katanya.

Kepada para PMI, Menaker berpesan untuk menjadikan kesempatan bekerja ke luar negeri sebagai pengalaman yang bermanfaat, bukan untuk memperoleh penghasilan yang memadai.  Ia juga mengingatkan, apabila menemui permasalahan di Taiwan agar selalu berkomunikasi dan menempuh prosedur penyelesaian masalah yang telah ditentukan.

“Pemerintah Indonesia juga memiliki perwakilan di Taiwan, namanya KDEI dan tempatnya  di Taipei. KDEI dapat membantu PMI jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Bekerjalah dengan penuh rasa syukur sehingga dapat mencerminkan citra bangsa Indonesia, yaitu bangsa yang besar, bangsa yang santun, bangsa yang taat aturan, dan bangsa yang unggul sumber daya manusianya," kata Ida. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • tempat les bahasa inggris

    sering - sering update artikelnya | ang ...

    View Article
  • Jasa Sumur Bor yogyakarta

    jarang sekali ada web site yang meyediakan artikel semenarik ini | ang ...

    View Article
  • jasa bikin seragam online murah di bandung

    Situs Anda selalu memberikan berita yang update, menarik dan bermanfaat | nur ...

    View Article
  • jasa bikin seragam partai di bandung

    artikelnya sudah bagus, di tunggu update terbarunya terimakasih | nur ...

    View Article