Mau Dapat Uang Tambahan, Bank Sampah Resik PD Kebersihan Tempatnya

By Reaksi Nasional 02 Des 2019, 15:28:59 WIBJabar dan Banten

Mau Dapat Uang Tambahan, Bank Sampah Resik PD Kebersihan Tempatnya

Keterangan Gambar : Humas PD Kebersihan Asep dan Kasie bank sampah Marina.


Oleh Ferry Ardiansyah & Herry Juhana

REAKSI BANDUNG - Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan Kota Bandung merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak di bidang jasa kebersihan .

PD Kebersihan menyelenggarakan pelayanan jasa di bidang persampahan untuk mewujudkan kota yang bersih, yang kegiatannya meliputi penyapuan jalan, pengumpulan dan pemindahan, pengolahan, pengangkutan, dan pemrosesan akhir sampah.

Pemerintah Kota Bandung melalui Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan membuka layanan Bank Sampah Resik. Program layanan tersebut telah ditetapkan pada 1 Februari 2015 lalu melalui Peraturan Direksi Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pembentukan Bank Sampah Resik.

Meningkatnya pamor bank sampak resik,hal ini dilatar belakangi program yang digulirkan Mang Oded walikota Bandung pada 100 hari program kerjanya yaitu  Program Kurangi Pisahkan dan Manfaatkan (Kang Pisman).

Demikian dikatakan Kepala Kasie Bank Sampah Resik PD Kebersihan Kota Bandung, Marina Puspita  di dampingi Humas PD Kebersihan Kota Bandung,Asep Koswara saat di temui Reaksi Nasional di ruang kerjanya,Senin (2/11/2019).

Lebih lanjut dikatakannya adapun  tujuan dari Bank Sampah Resik itu sendiri adalah untuk mengurangi volume sampah di tingkat masyarakat dan  Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Keberadaan Bank Sampah Resik ini juga mengupayakan Reuse sampah sesuai dengan fungsinya, serta meningkatkan pendapatan perusahaan dan masyarakat,jelas marina.

Setiap jenisnya sampah itu dihargai bervariatif sesuai kategori dan kualitasnya. akan beda harganya antara kertas basah dan kering.Yang dikumpulkan ada botol, plastik, kertas, kaca, besi, dan tembaga. Jadi kami hanya melayani sampah anorganik saja.

Menurutnya Bank Sampah Resik itu tidak jauh beda dengan Bank Sampah Tradisional, bedanya hanya penyetoran sampah anorganik yang bernilai ekonomis. Nanti kita kasih buku tabungannya juga.Saat ini telah ada 115 unit mitra pengepul dan 3345 orang nasabah,setiap harinya menghasilkan 3-5 ton sampah bernilai ekonomis.Kini yang sudah kerjasama ada hotel dan mal seperti,Bandung Indah Plaza (BIP),Trans Studio Mal (TSM) dan Paris Van Jav (PVJ).

Marina menambahkan, untuk mekanisme pendaftarannya sendiri, masyarakat hanya perlu membawa sampah seberat satu kilogram saja. Nantinya, sampah yang dibawa tersebut akan dikonversikan ke nilai beli dari PD Kebersihan untuk kemudian menjadi tabungan mereka di Bank Sampah Resik yang bisa diambil kapan saja.

“Siapa pun terbuka untuk umum untuk menjadi nasabah bank sampah, tinggal bawa minimal satu kilogram sampah, otomatis masyarakat sudah menjadi nasabah kami. Nanti ditimbang dan dikonversikan ke nilai beli kita,” jelasnya. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment