Mantan Kadis SDAP Banten Dijebloskan ke Lapas Serang
Oleh Peterson Nainggolan

By Reaksi Nasional 16 Jan 2018, 09:16:10 WIBJabar dan Banten

Mantan Kadis SDAP Banten  Dijebloskan ke Lapas Serang

Keterangan Gambar : ist/lapas Serang


Kejaksaan Negeri Serang mengeksekusi terpidana kasus korupsi proyek Pembangunan Prasarana Pengamanan Pantai Normalisasi Karangantu Tahun 2012 senilai Rp 4,8 miliar, Iing Suwargi.  Dia dijebloskan ke Lapas Kelas A Serang.

Eksekusi dilakukan setelah Mahkamah Agung menolak kasasi yang diajukan oleh bekas Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Pemukiman (DSDAP) Provinsi Banten.

“Kita lakukan eksekusi karena sudah ada kekuatan hukum tetap atas putusan MA tingkat kasasi,” kata Kasie Pidsus Kejari Serang Olav Mangontan ditemui wartawan di kantornya, Senin (15/1).

Sebelumnya, pada putusan Pengadilan Tinggi (PT) Banten Iing telah divonis 18 bulan penjara, denda Rp 50 juta subsider satu bulan dan uang pengganti Rp 215 juta subsider 1 tahun. Perkara dengan Nomor: 12/PID.SUS-TPK/2016/PT.BTN diputus pada Kamis 8 Desember 2016 oleh Abdul Hamid Pattiradja sebagai ketua majelis didampingi Guntur Purwanto dan Dermawan S. Djamian sebagai hakim anggota.

Iing datang ke Kejari Serang didampingi penasihat hukumnya, Tb Sukatma. “Yang bersangkutan sudah mempunyai itikad baik untuk dilakukan eksekusi,” katanya.

Mengenai uang pengganti dalam perkara tersebut sebesar Rp215 juta, Olav mengatakan, Ingin telah menguasakan terhadap Sukatma untuk menyelesaikannya. “Akan diselesaikan melalui pengacaranya,” katanya.

Sebelumnya, Pengadilan Tipikor Serang hanya memvonis Iing Suwargi dengan vonis 1 tahun dan 6 bulan penjara. Iing Suwargi (58) mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) atas putusan hakim Pengadilan Tinggi (PT) Banten tersebut.

Putusan banding terhadap perkara korupsi proyek pembangunan prasarana pengaman pantai dan normalisasi muara pantai Karangantu, Kota Serang senilai Rp4,7 miliar itu menguatkan putusan Pengadilan Tipikor Serang.

Perbuatan Iing Suwargi dinilai telah memenuhi unsur-unsur dalam dakwaan subsider Pasal 3 jo Pasal 18 Undang-Undang No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor jo Pasal 55 ayat (1) ke- 1 KUH Pidana.

Selain pidana penjara, Iing dijatuhi pidana denda Rp50 juta subsider satu bulan kurungan dan uang pengganti sebesar Rp215 juta subsider satu tahun penjara. Perkara korupsi tahun 2012 itu telah diperiksa dan diputus oleh majelis hakim PT Banten.

Putusan itu dituangkan dalam putusan PT Banten No 12/Pid.Sus TPK/2016/PT.BTN.1970. Salah satu amar putusannya menyebutkan menguatkan putusan Pengadilan Tipikor Serang dan memerintahkan terdakwa segera ditahan.

Hukuman itu lebih ringan dibandingkan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten. Iing Suwargi oleh JPU, sebelumnya dituntut tiga tahun penjara, pidana denda Rp50 juta subsider tiga bulan kurungan, dan uang pengganti Rp215 juta subsider 1,5 tahun penjara.

Perkara korupsi proyek tahun 2012 itu diputus setelah mendengarkan keterangan saksi, ahli, terdakwa, dan alat bukti di persidangan sehingga diperoleh berbagai fakta hukum.

Di antaranya, proyek tersebut dilaksanakan bertujuan agar kapal ikan milik nelayan dan kapal besar dapat keluar masuk secara normal di Pelabuhan Muara Pantai Karangantu guna meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.***



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Flow Meter Tokico Jakarta

    Hello there, You’ve done a great job. I’ll definitely digg it and personally ...

    View Article
  • Open Trip Pulau Seribu

    Hey, you used to write great, but the last few posts have been kinda boring¡K I ...

    View Article
  • Distributor pipa HDPE

    Wow, superb blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look ...

    View Article
  • jakarta sewa mobil

    tidak hanya supir truk juga, terkadang pengendara lain seperti mobil atau motor juga ...

    View Article