Legislator: Perda Pengendalian Obat dan Makanan Tunggu Undang-Undang

By Reaksi Nasional 08 Feb 2018, 21:07:47 WIBJabar dan Banten

Legislator: Perda Pengendalian Obat dan Makanan Tunggu Undang-Undang

Keterangan Gambar : Yomanius Untung


Oleh Ferry Ardiansyah

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sesuai dengan tupoksinya membuat regulasi  rancangan peraturan daerah (raperda) yang nantinya dijadiakan peraturan daerah (perda)  untuk diaplikasikan dalam administrasi di pemerintahan. Salah satu yang sedang dibahas perda pengendalian obat dan makanan.

MENURUT politisi Partai Golkar Yomanius Untung yang juga Wakil Ketua Komisi V DPRD Jabar mengatakan, pembahasan lebih lanjut terkait perda itu harus didahului terlebih dahulu dengan undang-undang (UU) dari pusat.

Legislator daerah pemilihan Subang-Majalengka-Sumedang ini mengatakan, pihaknya akan memikirkan agar masyarakat mendapatkan informasi yang benar tentang obat. “Sembari menunggu UU itu dirancang dan disahkan,” jelas mantan Ketua KNPI Jabar ini kepada wartawan, Rabu (7/2/2018).

Menurutnya, memang itu kewenangan pusat, tetapi dirinya pikir kita perlu memikirkan bagaimana membantu pusat agar masyarakat mendapatkan informasi yang utuh.

Ditambahkannya, substansi untuk sekarang bukan ke aturan. Menurutnya, lebih kepada sistem yang harus diperbaiki oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Ia menambahkan bahwa mental pengusaha harus diubah terutama yang menyangkut kebutuhan masyarakat. Serta, jangan ada oknum di pemerintah bermain dengan obat dan makanan yang diedarkan di masyarakat.

Politisi senior partai berlambang pohon beringin mempertanyakan, "apakah BPOM ikut mengendalikan atau apapun kalau mental pengusahanya tidak berubah, ya dia akan ngakalin terus atau ada oknum di pemerintah yang gak bener ya sama aja. Jadi sistemnya harus diperbaiki,"tegas Sekretaris SOKSI Jabar ini.

Persoalan  ini mengemuka karena sebelumnya, BPOM telah menetapkan Viostin DS dan Enzyplex mengandung DNA spesifik babi. Padahal, kedua produk tersebut terbilang cukup laris di pasaran. Namun, kedua produk tersebut kini telah ditarik dari pasaran oleh BPOM. ***



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Flow Meter Tokico Jakarta

    Hello there, You’ve done a great job. I’ll definitely digg it and personally ...

    View Article
  • Open Trip Pulau Seribu

    Hey, you used to write great, but the last few posts have been kinda boring¡K I ...

    View Article
  • Distributor pipa HDPE

    Wow, superb blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look ...

    View Article
  • jakarta sewa mobil

    tidak hanya supir truk juga, terkadang pengendara lain seperti mobil atau motor juga ...

    View Article