Kwarda Pramuka Jabar Protes Logo Organisasi di Pakai Kampanye Terselubung

By Reaksi Nasional 20 Feb 2018, 14:47:42 WIBPendidikan

Kwarda Pramuka Jabar Protes Logo Organisasi di Pakai Kampanye Terselubung

Keterangan Gambar : KETERANGAN: Pengurus Kwarda Pramuka Jabar memberikan keterangan pers terkait beredarnya sebuah video di medsos tentang tata cara simulasi pencoblosan kartu suara untuk Pilgub Jabar. Acara digelar di Kantor Kwarda Jabar, Jalan Cikutra, No 276 A, Kota Bandung, Selasa (20/2/2018). (REAKSI)


Oleh Ferry Ardiansyah & Herry Juhana

Pimpinan Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Barat (Jabar) mengklarifikasi terkait beredarnya sebuah video di media sosial (medsos) tentang tata cara simulasi pencoblosan kartu suara untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar yang mencatut logo Kwarda Pramuka.

MENYIKAPI beredarnya video tersebut, yang mengarahkan pencoblosan terhadap salah satu pasangan calon (paslon), pengurus Pimpinan Kwarda Gerakan Pramuka Jabar memberikan keterangan pers kepada wartawan di Kantor Kwarda Jabar, Jalan Cikutra No 276 A , Kota Bandung,Selasa (20/2/2018).

Acara dihadiri Ketua Harian Kwarda Jabar Baim Setiawan, Wakil Ketua Bidang Komunikasi dan Informatika A Hailuki, Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum Eka Harijanto dan Sekretaris Sauful Bahri.

Ketua Harian Kwarda Jabar Baim Setiawan menegaskan, video yang sudah menyebar di medsos itu di luar tanggung jawab Kwarda Jabar. Sebab, pihaknya tidak pernah memproduksi dan menyebarluaskan video tersebut. Tidak itu saja, logo Kwarda yang ada dalam video dicatut tanpa sepengetahuan pihaknya.

"Kami mengimbau kepada siapapun yang melihat atau menyebarkan agar segera dihapus dan dihentikan. Karena, ini sudah beredar luas demi menjaga marwah gerakan Pramuka sebagai lembaga yang netral," kata Baim.

Video berdurasi 28 detik itu, sudah menyebar ke berbagai medsos, seperti YouTube, Facebook, dan WhatsApp. Video itu pertama kali diketahui lewat unggahan seseorang di akun Facebook pada 15 Februari 2018. Pihak Kwarda langsung menelusuri siapa pembuat video tersebut.

Logo Kwarda sendiri berada di pojok kanan atas video. Berisikan ajakan untuk melakukan pencoblosan pada tanggal 27 Juni 2018. Namun, di tengah-tengah video itu ada tata cara pencoblosan kepada salah satu paslon.

"Setelah kami analis. Kami simpulkan video logo Kwarda menjadi satu kesatuan disain. Lalu kami telusuri memang beredarnya di grup WhatsApp jadi agak sulit dilacak, kita lihat juga di Facebook dan YouTube," ujar Lucky, Wakil Ketua Bidang Kominfo Kwarda Jabar.

Ia mengatakan, selain di WhatsApp, video juga telah disebar di YouTube. Untuk identitas pengunggah di Facebook telah diketahui dan dia merupakan kader salah satu partai.

Namun dia sendiri mengaku mendapatkan video tersebut dari orang lain, ia hanya mengunggah saja. "Sudah diketahui dihubungi. Mengaku tapi tidak tahu itu logo Kwarda. Dia juga sudah maaf secara pribadi, namun belum terbuka. Kami minta untuk segera klarifikasi," ucapnya.

Pramuka Jabar berkomitmen menjaga netralitas dan mendukung terselenggaranya pilkada yang jujur, adil, aman dan damai. Untuk menjaga netralitas tersebut, Kwarda Pramuka Jabar mengingatkan agar tidak menarik-narik Gerakan Pramuka dalam kancah pilkada dan kontestasi politik apapun, dengan tidak lagi memviralkan video tersebut dengan cara menghapus dan menghentikan peredarannya.

Penyataan sikap Kwarda Gerakan Pramuka Jabar ini dibacakan Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum Eka Harijanto, yakni

1.Sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Gerakan Pramuka Nomor 12 Tahun 2010 Pasal 20 Ayat (1) dan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka Pasal 6 Ayat (2) serta Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka Pasal 7 Ayat (6) bahwa  “Pramuka bukan merupakan organisasi politik melainkan organisasi pendidikan non formal/pendidikan karakter yang tidak terlibat dalam kegiatan kontestasi politik apapun”.

2.Berkaitan dengan beredarnya video simulasi pencoblosan kartu suara yang bernuansa kampanye terselubung dengan mencantumkan logo Pramuka Jabar tanpa izin, dengan ini Kwarda menyatakan tidak bertanggungjawab atas video tersebut karena Kwarda tidak pernah membuat dan menyebarkan video tersebut.

3.Kwarda berkomitmen menjaga netralitas dan mendukung terselenggaranya pilkada yang jujur, adil, aman, damai. Oleh karena itu, Kwarda memperingatkan kepada pihak yang memproduksi video tersebut dan menyebarkannya agar menghentikan perbuatannya serta meminta maaf secara terbuka.

4.Guna menjaga netralitas Gerakan Pramuka, Kwarda mengingatkan kepada semua pihak agar tidak menarik-menarik Gerakan Pramuka dalam kancah pilkada dan kontestasi politik apapun. Untuk itu, Kwarda meminta agar semua pihak tidak lagi memviralkan video tersebut dengan cara menghapusnya dan menghentikan peredarannya.

5.Apabila video tersebut masih tetap beredar dan muncul pula video lain yang mencatumkan logo Pramuka Jawa Barat tanpa izin, maka Kwarda meminta kepada pihak berwenang agar segera menindaklanjuti sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku. ***



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 5 Komentar untuk Berita Ini

  1. Creative agency jakarta 12 Apr 2018, 15:50:51 WIB

    saran sih kalau mau buat logo biar gk di kaya giniin mending menyewa perusahaan jasa design/Creative agency gitu yang udah ahli, jadi pesannya tersampaikan dan gk buat salah paham kaya gini di daerah jakarta banyak

    sports t shirts wholesale spain 09 Apr 2019, 08:14:26 WIB

    Hello there! I could have sworn I've been to this website before but after
    browsing through some of the post I realized it's new to
    me. Anyways, I'm definitely happy I found it and
    I'll be book-marking and checking back often!

    wholesale sportswear suppliers 20 Apr 2019, 08:55:50 WIB

    Hi, all is going nicely here and ofcourse every one is sharing facts, that's actually fine, keep up writing.

    wholesale gym clothing suppliers 21 Apr 2019, 10:32:02 WIB

    Hey! Someone in my Facebook group shared this website with
    us so I came to look it over. I'm definitely loving the information. I'm book-marking and will
    be tweeting this to my followers! Wonderful blog and superb design and style.

    apparel manufacturing companies in bangladesh 22 Apr 2019, 00:56:52 WIB

    It's difficult to find educated people on this subject, but you
    seem like you know what you're talking about! Thanks

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • gajjosk

    ??????? ?? ??????????!!!!! ...

    View Article
  • Indocommco

    Ya benar sekali SDM kita masih kurang mengenal perkembangan teknologi, bahkan masih ...

    View Article
  • toko bunga Jakarta

    Tanaman hias di sepanjang jalan di Jakarta jika sudah masuk musim kemarau menjadi ...

    View Article
  • Konsultan Pajak

    Biasanya penunggak itu malas bayar atau gak tahu cara hitungnya, lebih baik dateng ...

    View Article