Kemnaker -Austria Kerjasama Bangun BLK Maritim

By Reaksi Nasional 12 Nov 2020, 09:51:42 WIBNasional

Kemnaker -Austria Kerjasama Bangun BLK Maritim

Keterangan Gambar : Dirjen Binalattas Kemnaker Budi Hartawan (tengah) bersama Kepala BBPLK Medan Muhammad Ali Hapsah ( kedua dari kiri) dan pejabat eselon II Kemnaker phose bersama di areal pembangunan BLK Maritim.


Oleh Friendly Sianipar

REAKSI BEKASI – Kerjasama antara Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dengan Pemerintah Austria mengenai pengembangan pelatihan Balai Latihan Kerja (BLK) Maritim menjadi langkah inovasi untuk mewujudkan pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM) bidang pariwisata, konstruksi dan las.  Apalagi peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan dan pelatihan vokasi menjadi prioritas utama pembangunan nasional.

Terkait itu, Kemnaker mengembangkan pelatihan vokasi yang dapat mencetak tenaga kerja kompeten dan berdaya saing dengan cara mencari mitra kerjasama internasional, salah satunya dengan Pemerintah Austria.

Negara Austria yang terletak di Benua Eropa itu mengucurkan bantuan dana Rp 711 miliar untuk pengembangan dan pembangunan BLK Maritim di BBPLK Medan, BBPLK Serang dan BLK Makasar. Kerjasama pembangunan BLK Maritim itu diarahkan untuk mendukung pelatihan pariwisata, las dan yang lainnya.

“Semua jenis pelatihan yang terkait dengan maritim akan kita dukung dan arahkan di BLK maritim ini,” kata Dirjen Binalattas Kemnaker Budi Hartawan saat acara Groundbreaking Pembangunan BLK Maritim (Development of Maritime Vocational Training Centers) di BBPLK Medan, Sumatera Utara, Rabu (11/11).

Turut hadir secara virtual, Sigmund Nemeti, Konselor Komersial Kedutaan Besar Republik Austria untuk Indonesia, mewakili Duta Besar Republik Austria untuk Indonesia. kemudian hadir juga Kepala Badan Nasional Sertifikaso Profesi (BNSP) Kunjung Masehat serta pejabat eselon II lainnya dari Kemnaker.

Ia menyebutkan, nilai proyek pembangunan BLK Maritim itu senilai €40.283.000 atau setara dengan Rp 711 miliar. Pembangunan ini dibiayai melalui skema pinjaman dan hibah luar negeri dengan bunga 0 persen dan dikerjakan selama 12 bulan. BLK Maritim itu dibanguan di atas lahan 1,5 Ha di areal BBPLK Medan.

“Saya mengapresiasi Pemerintah Austria atas komitmennya membantu kegiatan pengembangan BLK Maritim di Indonesia. Kegiatan ini tidak dapat terlaksana tanpa koordinasi dan kerjasama yang baik dari Kementerian PPN/Bappenas dan Kementerian Keuangan,” kata Budi sambil menambahkan dengan pelaksanaan Groundbreaking ini, akan menandai juga langkah nyata Kemnaker dalam mencetak tenaga kerja unggul di sektor maritim maupun pariwisata.

Duta Besar Pemerintah Austria yang diwakili Konselor Komersial, Sigmund Nemeti, mengatakan, Pemerintah Austria sudah sejak 1990 membantu Pemerintah Indonesia mengembangkan SDM, khususnya kapasitas vokasional ketenagakerjaan.

"Pemerintahan kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia karena kami kembali dipercaya untuk kerjasama vokasional training center maritim di Kota Medan," kata Sigmund.

Kepala BBPLK Medan, Muhammad Ali Hapsah mengatakan, rencana pembangunan BLK Maritim ini sudah dimulai sejak 2016 lalu. Namun  karena prosesnya administrasinya yang panjang dan melelahkan maka pembangunannya bisa dilaksanakan saat ini

“Kita sudah melaksanakan proses penandatanganan kerja kontrak Juli 2019 lalu dan baru pada 2020 ini kita dapat melaksanakan pembangunannya. Meski prosesnya panjang, namun semuanya bisa kita lewati. Proses pembayaran kontrak pembangunan BLK Maritim ini pun bisa kami dilaksanakan dengan baik,” kata Ali.

Ia menyebutkan, ada empat hal penting dalam kontrak kerjasama antara Pemerintah Austria dengan Kemnaker dalam pembangunan BLK Maritim. Pertama, pekerjaan konstruksi. Kedua, pengadaan peralatan dengan standar Austria. Ketiga, pelaksanaan training of traineer di Negara Austria dan Indonesia. Keempat, adanya kegiatan  pendampingan teknis dalam tahap implementasi terutama pada saat proses pelatihan kepada pencari kerja.

“Nantinya kalau konstruksi sudah selesai, peralatan sudah terpasang dan instruktur sudah dilatih maka akan ada pendampingan teknis untuk tahap implementasi, terutama pada saat proses pelatihan pada pencari kerja,” kata Ali.

Nantinya, kata Ali melanjutkan, BLK Maritim  ini akan mengukuhkan dan menguatkan peran BBPLK Medan sebagai salah satu unit teknis pusat yang mendapat mandat mengawal kompetensi untuk dua kejuruan, yakni pariwisata dan konstruksi.

“Mudah mudahan dengan keberadaan BLK Maritim ini, Sumut bisa menjadi penyemangat untuk pengembangan pariwisata dimana objek Danau Toba sebagai tujuan wisatanya,” kata Ali.

Sebagaimana diketahui, BBPLK Medan yang dibangun pada 1953 diatas lahan 7, 9 Ha, selalu berinovasi dan terus menunjukkan perkembangannnya sehingga menjadikannya sebagai salah satu BLK milik Kemnaker terbaik di wilayah Indonesia bagian barat. Hal itu terbukti dari banyaknya lulusan yang terserap dan diakui industri.

Dalam rangka menjaga kualitas lulusannya, selain mendapatkan akreditasi dari LA-LPK, BBPLK Medan telah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015 dalam lingkup “Penyediaan Layanan Pelatihan Berbasis Kompetensi dan Sertifikasi Kejuruan Pariwisata dan Pekerjaan Sipil”.

“Beranjak dari hal itu, kami bertekad meningkatkan kualitas BBPLK Medan dan mengembangkan pariwisata, industri maupun produk UMKM. Kami sadar persaingan dunia ketenagakerjaan dan perubahan di era globalisasi saat ini harus menyesuaikan dengan selera pasar kerja. Oleh karena itu, kami berharap kepada BIT Media e-solution GmbH sebagai pelaksana proyek Kegiatan Pengembangan BLK Maritim, agar tidak hanya mengulang success story tapi juga mampu menjadikan BBPLK Medan menjadi center of excellence untuk pengembangan dua kejuruan yaitu Tourism Hospitality dan Joinery,” kata Ali. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • calon bupati bantul terbaik 2020

    terimakasi infonya sukses selalu ais https://kanghalim.com https://kanghalim.com/ ...

    View Article
  • calon bupati bantul

    terimakasi infonya sukses selalu nrl https://kanghalim.com/ ...

    View Article
  • calon bupati bantul terbaik 2020

    terimakasi infonya sukses selalu ais https://kanghalim.com https://kanghalim.com/ ...

    View Article
  • calon bupati bantul

    terimakasi infonya sukses selalu nrl https://kanghalim.com/ ...

    View Article