Kelurahan Cengbar Rutin Berjuang Menyadarkan Warga untuk Taati Prokes 3M

By Reaksi Nasional 18 Nov 2020, 13:20:28 WIBMegapolitan

Kelurahan Cengbar Rutin Berjuang Menyadarkan Warga untuk Taati Prokes 3M

Keterangan Gambar : Petugas berkeliling kampung untuk melakukan Giat Ronda Covid-19 dengan membawa pengeras suara dan kentongan.


Oleh Khairuddin Sinambela & Maulen Munthe

REAKSI JAKARTA - Kelurahan Cengkareng Barat (Cengbar), Kecamatan Cengkareng, Kota Administrasi Jakarta Barat rutin berjuang untuk memberi imbauan dan gencar melakukan sosialisasi serta ronda Covid terkait protokol kesehatan (protkes) 3M, yakni mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak serta protkes yang lainnya kepada warganya.

“Tingkat kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan saat ini sudah mulai menurun. Hal ini bisa kita lihat dari penambahan kasus aktif harian di Kelurahan Cengkareng Barat yang tinggi,” jelas Lurah Cengkareng Barat Ilham kepada Reaksi, Rabu (18/11/2020).

Oleh karena itu pihak Kelurahan bersama Tiga Pilar dan juga Satpol PP selalu mengadakan Giat Ronda Covid-19 secara bergilir di tiap-tiap RW. Adapun terhadap warga yang ditemukan tidak menggunakan masker atau melanggar protokol kesehatan akan dikenakan sanksi. Baik berupa sanksi denda administrasi maupun sanksi kerja sosial.

Lebih lanjut ia mengutarakan, pihaknya hari ini melaksanakan kegiatan di dua wilayah yang berbeda, yakni di Pasar Ganefo dan di wilayah RW 013 Taman Palem Lestari.

Namun, sebelumnya petugas Kelurahan berhasil menjaring lima orang warga yang tidak memakai masker saat menggelar operasi Tertib Masker (Tibmask) di wilayah Pasar Ganefo, Kelurahan Cengkareng Barat, Cengkareng.

Mereka diberi peringatan dan sanksi kerja sosial untuk membersihkan dan menyapu fasilitas umum di areal pasar. “Ada lima pelanggar yang tidak memakai masker. Semuanya dikenakan sanksi kerja sosial,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, pengawasan PSBB di Pasar Ganefo rutin dilakukan petugas gabungan dalam rangka penegakan Pergub 79 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Kegiatan melibatkan tiga pilar, Satpol PP dan unsur lainnya. “Penindakan kepada para pelanggar untuk pendisiplinan agar masyarakat mematuhi aturan dan peduli terhadap upaya pencegahan Covid-19,” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkan, pada kesempatan yang sama pihaknya juga menggelar Ronda Covid-19 di lingkungan RW 09. Sambil membawa kentongan dan pengeras suara, unsur gabungan kelurahan, puskesmas, Gugus Tugas Covid-19, FKDM, PPSU, ketua/ pengurus RT-RW setempat, kader Dasawisma dan Jumantik, keliling permukiman warga.

 “Kami mengimbau dan mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun) sebagai upaya antisipasi serta pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan masing masing,” ujar Ilham. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment