Kejari Kab Cirebon Adakan Evaluasi Dana Desa

By Reaksi Nasional 10 Apr 2019, 10:28:06 WIBJabar dan Banten

Kejari Kab Cirebon Adakan Evaluasi Dana Desa

Keterangan Gambar : Kasi Intel Kejaksaan Negeri Sumber, Kabupaten Cirebon saat memberikan cara evaluasu dana desa


Oleh Hafidzudin

REAKSI CIREBON – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Cirebon mengadakan evaluasi dana desa dan program jaga desa di Setda Kabupaten Cirebon, Selasa (9/4/19). Melalui kegiatan tersebut Kepala Kejari Kabupaten Cirebon, Gunawan Wibisono, mengingatkan para kepala desa untuk semakin memantapkan pengelolaan dana desa dan untuk tidak melakukan tindak pidana korupsi.

Pasalnya dari seluruh dana desa yang di anggarkan pada tahun ini mencapai Rp. 70 triliun, dan jumlah tersebut mengalami peningkatan dari tahun 2018 yakni Rp. 60 triliun.

"Dari tahun 2015 hingga tahun 2019 peningkatan dana desa luar biasa yang bersumber dari APBN. Tahun ini mencapai Rp 70 triliun," katanya saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan evaluasi dana desa dan sosialisasi program jaga desa di Setda Kabupaten Cirebon, Selasa (9/4/19).

Ia mengatakan, dana desa tersebut bisa dimanfaatkan untuk program pembangunan yang dimulai dari pedesaan.

"Penyelenggaraan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat bisa diciptakan. Kita bisa meningkatkan pelayanan publik, mengatasi kesenjangan antar desa, dan mengatasi kemiskinan," ucapnya.

Ia berharap untuk ke depannya tidak ada lagi desa tertinggal di Kabupaten Cirebon. Selanjutnya ia juga menyampaikan, saat ini, jika pergi ke suatu desa, warga akan menemukan banyak fasilitas serta infrastruktur yang memadai.

"Fasilitas yang ada di desa harus ditingkatkan kualitasnya. Itu bisa dengan mengoptimalisasikan Bumdes. Saya berharap program dana desa 2019 ini harus benar-benar cermat dan berhati-hati menggunakannya," ungkapnya.

Ia pun menghimbau kepada para kepala desa untuk berkomunikasi dengan masyarakat. karena, banyak masyarakat yang tidak terima dengan terpilihnya seorang kepala desa, yang akan menganggap kerja kepala desa selalu salah.

Saat ini, ada satu kepala desa yang terjerat tindak pidana korupsi dana desa. Sisanya merupakan aduan yang masuk ke dalam ranah pribadi dan tidak terdapat bukti. Pada tahun 2018, terdapat dua kepala desa yang terjerat kasus pidana korupsi. Untuk kedepannya diharapkan tidak ada lagi kepala desa yang menyalahgunakan dana desa untuk kepentingan pribadi, karena dana desa untuk kepentingan dan kemajuan desa di Kabupaten Cirebon. (R1)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • gajjosk

    ??????? ?? ??????????!!!!! ...

    View Article
  • Indocommco

    Ya benar sekali SDM kita masih kurang mengenal perkembangan teknologi, bahkan masih ...

    View Article
  • toko bunga Jakarta

    Tanaman hias di sepanjang jalan di Jakarta jika sudah masuk musim kemarau menjadi ...

    View Article
  • Konsultan Pajak

    Biasanya penunggak itu malas bayar atau gak tahu cara hitungnya, lebih baik dateng ...

    View Article