Kalangan Praktisi SDM Diminta Menaruh Perhatian Perkembangan Teknologi

By Reaksi Nasional 09 Mar 2018, 13:16:00 WIBNasional

Kalangan Praktisi SDM Diminta Menaruh Perhatian Perkembangan Teknologi

Keterangan Gambar : Sekjen Kemnaker Hery Sudarmanto meminta kalangan praktisi SDM serius terhadap pengembangan SDM agar dapat mengantisipasi perkembangan teknologi digital. (REAKSI)


Oleh Friendly Sianipar

REAKSI JAKARTA – Untuk  mengantisipasi perkembangan teknologi digital, kalangan praktisi sumber daya manusia (SDM) diminta menaruh perhatian  besar terhadap pembinaan dan pengembangan SDM berkualitas dan memiliki keterampilan serta berdaya saing tinggi dalam persaingan global.

“Menghadapi tantangan fenomena disruption di era teknologi digital seperti sekarang ini, peran praktisi SDM penting menghadapi perubahan yang terus berinovasi menggantikan teknologi lama dengan teknologi digital yang lebih efisien dan bermanfaat,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Sekjen Kemnaker) Hery Sudarmanto saat membuka Seminar Nasional Humas Resources Departement Asosiasi Praktisi Human Resources Indonesia (ASPHRI) 2018 di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (9/3/2018).

Seminar bertajuk “Peran dan Tantangan Praktisi HR dalam Meningkatkan Kinerja SDM di Era Teknologi Digital dan Fenomena Disruption” itu, Hery menegaskan, menghadapi era digital perlu ada pemikiran inovatif dan out of the box atau bahkan no box. Pemikiran iniovatif itu, hanya dapat dilakukan SDM yang berkualitas dan memiliki wawasan luas.

“Jadi, keberadaan praktisi SDM di perusahaan semakin dibutuhkan ketika perusahaan tersebut secara realistis melihat bahwa pekerja di perusahaan adalah aset perusahaan yang perlu dipertahankan dan dikembangkan. Semuanya memiliki potensi dalam bidang pekerjaannya masing-masing dan hal tersebut sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup perusahaan. Untuk mempersiapkan SDM yang handal perlu dilakukan reformasi investasi SDM yang melibatkan perubahan dalam sistem pendidikan dan pelatihan kerja, “ ujarnya.

Ia menyebutkan, bila dinamika perkembangan teknologi itu tidak dapat diikuti dengan baik, tentu akan tergilas pada arus perubahan itu sendiri. Oleh karena itu, eksistensi pelatihan dan pengembangan SDM harus diutamakan untuk meningkatkan produktivitas, meningkatkan kinerja, dan mengembangkan kompetensi karyawan yang mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Pemerintah berharap agar pihak swasta dapat berinvestasi kepada peningkatan keterampilan tenaga kerja, baik melalui penyelenggaraan pelatihan maupun melalui program pemagangan.

Pemerintah mengajak kalangan dunia usaha dan industri agar mendukung pengembangan SDM dengan membangun sistem pelatihan  kerja dan sertifikasi profesi secara terpadu bagi pekerja Indonesia.

Keterlibatan dunia usaha dan industri dibutuhkan untuk melakukan percepatan peningkatan kompetensi kerja serta  memenuhi permintaan kebutuhan pekerja yang terus meningkat di tengah pembangunan infrastruktur dan berbagai proyek pembangunan yang terus digenjot di berbagai daerah.

“Kami berharap investasi yang telah ada dapat ditingkatkan, termasuk investasi SDM, sehingga penciptaan lapangan kerja menjadi semakin luas dan memberikan transfer kemampuan (skill) bagi pekerja Indonesia di berbagai sektor usaha. Pemerintah mengajak kalangan usaha untuk bersama-sama mengembangkan balai latihan kerja (BLK) di daerah.

“Kita juga membutuhkan kerja sama pelatihan kerja yang menggabungkan pelatihan keterampilan dan pelatihan bahasa untuk memenuhi pasar dalam negeri dan luar negeri,” jelas Hery. ***



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Indocommco 14 Mei 2019, 16:04:04 WIB

    Ya benar sekali SDM kita masih kurang mengenal perkembangan teknologi, bahkan masih banyak yang belum bisa mengoperasikan mesin fax padahal teknologi itu sudah ada lama di indonesia bahkan sudah tertinggal untuk dunia global.

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • gajjosk

    ??????? ?? ??????????!!!!! ...

    View Article
  • Indocommco

    Ya benar sekali SDM kita masih kurang mengenal perkembangan teknologi, bahkan masih ...

    View Article
  • toko bunga Jakarta

    Tanaman hias di sepanjang jalan di Jakarta jika sudah masuk musim kemarau menjadi ...

    View Article
  • Konsultan Pajak

    Biasanya penunggak itu malas bayar atau gak tahu cara hitungnya, lebih baik dateng ...

    View Article