Kadis Ketahanan Pangan Desak 85 Desa Rawan Pangan Bangun LPMD

By Reaksi Nasional 05 Nov 2019, 13:53:21 WIBNusantara

Kadis Ketahanan Pangan Desak 85 Desa Rawan Pangan Bangun LPMD

Keterangan Gambar :


Oleh Jamaludin

REAKSI CIREBON – Berdasarkan data yang dicatat Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon, terdapat 100 desa yang telah membangun Lumbung Pangan Masyarakat Desa (LPMD). Sisanya terdapat 85 desa yang belum membangun LPMD.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon H. Muhidin, mendesak 85 desa rawan pangan tersebut untuk segera membangun LPMD.

Menurut H. Muhidin, 85 desa yang termasuk desa rawan pangan tersebut dikarenakan belum terpenuhinya ketersediaan lahan, infrastruktur, air bersih dan juga minimnya toko atau warung, bidang kesehatan dan juga masih banyaknya masyarakat miskin.

“Terdapat enam indikator yang masuk ke dalam zona rawan pangan, di antaranya meliputi ketersediaan lahan dengan jumlah penduduk, sarana toko atau warung, air bersih, infrastruktur, jumlah orang miskin, meluluskan tenaga bidang kesehatan, dan banyak merahnya,” jelasnya.

Menurutnya, 85 desa rawan pangan di Kabupaten Cirebon tahun ini masuk data prioritas pertama yang harus segera mempunyai LPMD. Lumbung pangan desa itu minimal mampu menampung 10 ton gabah kering giling atau ukuran lumbung 8 x 10 meter.

“Dalam pembangunan lumbung pangan masyarakat desa tersebut, mewajibkan desa harus mencantumkan rencana dalam RAPBDes 2020 yang akan direkomendasi dan dievaluasi oleh camat,” jelasnya.

Ia mengaku, pihaknya tidak menerapkan sanksi apapun karena tugas utama yang dilaksanakan yaitu pengadaan cadangan pangan pemerintah daerah (CPPD), dan pemberian fasilitasi kawasan rumah pangan lestari (KRPL).

“Dinas Ketahanan Pangan mendata sejumlah desa yang telah membangun LPMD baru di bawah 100 desa. Sisa desa yang diharuskan membangun LPMD sebanyak 85 dengan pelaksanaan di tahun 2021 dan terus berkelanjutan hingga seluruh desa di Kabupaten Cirebon memiliki LPMD,” bebernya.

Ia menambahkan, di sisi lain, masih terdapat desa rawan pangan dengan skala paling utama di antaranya Desa Cempaka dan Wanasaba Kecamatan Talun, Ciuyah Kecamatan Waled serta Sinarancang Kecamatan Mundu.

Ia juga mengimbau kepada para camat di 85 desa rawan pangan yang ada di Kabupaten Cirebon, untuk bisa mengawasi RAPBDes terutama untuk pembangunan lumbung pangan masyarakat desa.  (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment