Jumlah Pedagang yang akan Menempati Pasar Sumber Melebihi Target

By Reaksi Nasional 12 Feb 2019, 11:57:43 WIBJabar dan Banten

Jumlah Pedagang yang akan Menempati Pasar Sumber Melebihi Target

Keterangan Gambar :


Oleh Jamaludin

REAKSI CIREBON – Pada Selasa 12 Februari 2019, Pemerintah Kabupaten Cirebon akan menempatkan para pedagang di Pasar Sumber, Kelurahan/Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon. Namun jumlah pedagang yang akan menempati pasar itu ternyata melebihi target.

Sejak tahun 2015 revitalisasi pasar sudah sepenuhnya diselesaikan. Pasar tersebut mampu menampung 549 pedagang, di mana ada 76 pedagang yang menempati kios, 313 pedagang yang menempati los, dan 160 pedagang yang menempati lemprakan.

Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cirebon, Eka Hamdani, menjelaskan, berdasarkan kesepakatan dan kondisi eksisting pedagang pasar yang menjadi korban kebakaran pada tahun 2017, hanya 549. Saat didata, jumlahnya membengkak menjadi 1. 309 pedagang.

"549 pedagang itu mereka yang resmi dan mempunyai surat izin berdagang dari kami, sementara sisanya tidak," kata Eka saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (8/2/19). Menurutnya, untuk menyelesaikan masalah lapak pedagang yang tidak terakomodir harus melibatkan beberapa pihak. Sebab, menyangkut soal ketertiban, keindahan, dan keamanan.

"Kalau kita sebenarnya selesai di kondisi eksisting di lingkaran pasar. Tapi, masalah ini harus dirumuskan lagi. Teknisnya seperti apa, karena tidak mungkin lokasi tetap di eks pasar darurat," tambahnya.

Menurutnya, penempatan pedagang tersebut ketika tidak mampu menampung jumlah pedagang yang ada, harus melibatkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dan Dinas Perhubungan karena otomatis para pedagang menggunakan bahu jalan untuk berjualan.

Dia mengaku, pihaknya akan membicarakan perihal ini dengan beberapa dinas terkait. Sementara pedagang yang sudah jelas dalam kondisi eksisting bisa menempati lapak barunya tanggal 12 Februari, atau paling lama tanggal 15 Februari semua lapak harus ditempati. Mereka juga diminta harus menjaga kios tersebut dengan baik.

"Pedagang kondisi eksisting boleh menempati lapak barunya dengan catatan tidak boleh menjual maupun menyewakan lapaknya, temasuk merubah tatanan baik itu los, kios, maupun lemprakan," ujarnya. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • uguhozamevo

    http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/ - Amoxicillin <a ...

    View Article
  • eyusoxax

    http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/ - Amoxicillin Online <a ...

    View Article
  • buy fake degree

    Wonderful website. A lot of helpful info here. I am sending it to a few pals ans ...

    View Article
  • camo polar fleece fabric

    Thanks for every other informative site. Where else could I get that type of info ...

    View Article