Jokowi: Industri Pertahanan Harus Go Internasional, Pinhantanas Mampu Wujudkan

By Reaksi Nasional 08 Mar 2018, 13:02:56 WIBNasional

Jokowi: Industri Pertahanan Harus Go Internasional, Pinhantanas Mampu Wujudkan

Keterangan Gambar :


Oleh Bontor Sitanggang

REAKSI JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa produk-produk dalam negeri tak kalah bersaing dengan produk luar negeri, untuk itu sudah saatnya negara Indonesia bangkit dengan meningkatkan nilai produk dalam negeri.

"Orang Indonesia itu kalau beli barang sukanya brand luar negeri. Ada tulisan Made in Indonesia malah batal beli. Ini yang harus distop,” kata Jokowi.

Jokowi berharap, produk-produk industri pertahanan lokal bisa go international dan bisa dijual ke luar negeri.

"Industri pertahanan kita, kemampuan memproduksi bisa. Kalau costing bisa ditekan, menjualnya mudah. Jangan hanya tergantung dari pesanan TNI/Polri. Kalau TNI/Polri wajib,” kata Jokowi, usai menghadiri rapat pimpinan TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (16/1/2017).

Untuk meminta industri pertahanan dalam negeri tidak hanya menjual produk-produknya kepada Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Republik Indonesia.

Sementara itu, dalam pertemuan beberapa waktu lalu Ryamizard menekankan kembali bahwa kemandirian Industri Pertahanan (INHAN) dapat membantu proses kemandirian ekononi dalan negeri dan sejalan dengan Nawacita Presiden Joko Widodo.

"Semua anak bangsa harus bersama-sama membesarkan industri pertahanan nasional, baik swasta maupun BUMN semua harus bersaing secara sehat,” ujarnya.

Ryamizard Ryacudu berterimakasih kepada industri swasta dapat berkontribusi dalam memajukan industri pertahanan dengan melakukan terobosan dan inovasi dalam pengemangan produk-produknya dan terus melakukan langkah terobosan teknologi agar bisa menopang kebutuhan alat utama sistem senjata (alutsista) yang dibutuhkan negara yang modern.

Ketua Dewan Pengawas Perkumpulan Industri Pertahanan Nasional (Pinhantanas) Connie Rahakundini Bakrie menyambut baik pernyataan presiden RI Jokowi, beliau mengatakan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan mengamatkan KKIP membina serta mengembangkan industri pertahanan nasional, termasuk industri pertahanan dalam negeri swasta.

Apalagi, alokasi pembiayaan dalam negeri untuk rencana strategis nasional mencapai Rp15 triliun, namun baru terserap tak kurang dari setengahnya, sebesar Rp6 triliun.

Menurut Connie, mengindikasikan jika industri pertahanan swasta dalam negeri harus ditempatkan sejajar dengan BUMN. Padahal, dari konten produksinya, swasta mampu menyerap hingga 100 persen konten lokal sesuai dengan amanat undang-undang. Hal yang belum mampu dipenuhi BUMN.

Connie menaruh harapan kepada Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu sebagai dewan pelindung Pinhantanas, Bambang Soesatyo, dan Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong.

Mereka diharapkan menggugah para pemangku kepentingan jika pelaku industri pertahanan dari kalangan swasta punya kemampuan yang unggul dan siap untuk memenuhi kebutuhan alat peralatan pertahanan dan keamanan (alpalhankam) dalam negeri.

Pinhantanas dibentuk, kata Connie, untuk menjadi mitra pemerintah, khususnya dalam hal pembinaan industri pertahanan dan keamanan serta menjadi organisasi yang dapat melakukan quality control pada tiap tingkatan (Tier 1 hingga 3) pelaku industri ini.

Karena itu menurut dia, anggota Pinhantanas dipastikan benar-benar memiliki kemampuan merancang, membuat, memproduksi, hingga pengembangan produk.

"Keinginan semacam ini jelas tidak akan bisa berjalan sendiri tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak, khususnya pemerintah,” jelas Connie," kepada Reaksi saat dimonfirmasi, Kamis (8/3/2018).

Menurut dia, inhan yang mandiri sejalan dengan upaya mewujudkan strategi pertahanan nasional yang perlu didukung infrastruktur dan alutsista yang memadai dan mandiri sebagai instrumen utama mengamankan kepentingan nasional.

"Pinhantanas harus mampu mendukung pemerintah mewujudkan industri pertahanan yang mandiri dan menuju visi menjadi produsen alutsista yang berkiprah di dunia internasional,” tegas Connie. ***



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • dielihito

    lara world trav escort paris https://futurethought.info/11541.html acheter verre sake ...

    View Article
  • mexican pharmacies shipping to usa

    <a href="http://canadianonlinepharmacyoffer.com/"&g t;canadian online ...

    View Article
  • international pharmacies that ship to the usa

    <a href="http://canadianonlinepharmacyneo.com/"> top rated online canadian ...

    View Article
  • Best alternatives to Plus500

    Hello there! Do you know if they make any plugins to safeguard against ...

    View Article