Jelang Pilkada Serentak 2018, KPU Kota Bekasi Maksimalkan Coklit Data Pemilih

By Reaksi Nasional 16 Jan 2018, 09:26:09 WIBReaksi Bekasi

Jelang Pilkada Serentak 2018, KPU Kota Bekasi Maksimalkan Coklit Data Pemilih

Keterangan Gambar : Dok.Renas/KPU Kota Bekasi


JELANG Pilkada Serentak Bulan September 2018 mendatang, hingga batas waktu Pencocokan dan Penelitian (Coklit) tanggal 19 April, Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) Kota Bekasi, telah melakukan coklit sebanyak 1,873,020 data pemilih di 12 Kecamatan setempat.

"Sebanyak 3000 PPDP telah melakukan coklit. Dan petugas telah berhasil melakkukan coklit bagi warga yang telah memiliki KTP elektronik. Sisanya ada sekitar 80 ribuan warga, yang sampai saat ini belum dilakukan coklit," ungkap Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daearah (KPUD) Kota Bekasi, Syafrudin, Senin (15/1).

Dia menjelaskan, bagi warga yang telah menikah atau sudah pernah menikah atau usianya telah 17 tahun dan belum melakukan perekaman e-KTP, maka tetap mendapat hak pilih dengan melampirkan surat keterangan dari RT/RW. Karena itu, KPUD berharap Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk lebih proaktif turun langsung mendata warganya.

“Bisa menggunakan KTP lama kalau warga belum melakukan perekaman. Jika warga belum juga dapat surat keterangan dari RT/RW, Kelurahan atau Kecamatan, maka diimbau datang langsung ke kantor KPU. Jika memang ada kasuistis seperti itu,” ujarnya.

Data yang diperoleh jelang Pilkada ini, ditambahkan Syafrudin, dijadikan data pada Pemilihan Presiden 2019 nanti. Karena itu, pihaknya lanjut Syafrudin tengah gencar melakukan coklit tersebut untuk meminimalisir masyarakat yang belum terdata.

“Jadi data yang kita lakukan ini untuk data pada Pilpres 2019 mendatang. Jadi, pada Pilpres mendatang seluruh masyarakat harus sudah memiliki e-KTP. Karena dalam aturan KPU bahwa warga yang akan memilih harus punya KTP elektronik,” tukasnya.

Sementara itu, Kasubag Umum Keuangan dan Logistik Sufyan Hariyanto mengatakan, bahwa pada Rabu (10/1) lalu, sebagian Logistik untuk keperluan Pilkada 2018 mulai didatangkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat ke kantor KPU Kota Bekasi di Jalan Ir H Juanda, Bekasi Timur.

Adapun isi truk adalah jenis Formulir AA1/KWK dan AA2/KWK, dengan jumlah formulir A1 sebanyak 510 Kotak dengan isi 725.503 lembar dan formulir A2 sebanyak 255 kotak dengan isi 725.503 lembar.

“Nantinya formulir ini akan digunakan untuk keperluan pemuktahiran data pemilu gubernur, wakil gubernur, wali kota dan wakil wali kota, sedangkan sumber anggarannya dari anggaran hibah Pemilihan Gunernur Provinsi Jawa Barat 2018”, ucap Sufyan.

Lanjut Sufyan, nantinya formulir AA1 dan AA2 ini akan mulai didistribusikan kepada masyarakat Kota Bekasi melalui Petugas Pemuktahiran Data Pemilu (PPDP) yang telah tersebar di Kota Bekasi mulai tanggal 20 Januari 2018 sampai tanggal 18 Februari 2018 disertai dengan pencocokan dan penelitian data peserta pemilu.

“Jadi nanti petugas PPDP akan melakukan pendataan kepada masyarakat Kota Bekasi, secara langsung dari rumah ke rumah dengan membawa formulir AA1/KWK dan Formulir AA2/KWK,” jelasnya.

“Setelah didata oleh petugas PPDP nantinya formulir AA1/KWK ini akan dibagi 2, 1 untuk warga itu sendiri (per KK) dan satu untuk petugas, sedangkan formulir AA2/KWKnya akan diberikan kepada warga dan akan ditempelkan didinding depan rumahnya, karena formulir AA2/KWK ini berbentuk stiker,” sambungnya.

Oleh sebab itu, dia berharap petugas PPDP sebanyak 3.030 orang yang nantinya bertugas dilapangan mampu menjalankan tugasnya dalam melakukan pendataan warga yang terdaftar sebagai pemilih. (adv)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Flow Meter Tokico Jakarta

    Hello there, You’ve done a great job. I’ll definitely digg it and personally ...

    View Article
  • Open Trip Pulau Seribu

    Hey, you used to write great, but the last few posts have been kinda boring¡K I ...

    View Article
  • Distributor pipa HDPE

    Wow, superb blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look ...

    View Article
  • jakarta sewa mobil

    tidak hanya supir truk juga, terkadang pengendara lain seperti mobil atau motor juga ...

    View Article