Jaksa Agung Tutup PPPJ Angkatan LXXVII Tahun 2020

By Reaksi Nasional 23 Des 2020, 15:23:14 WIBNasional

Jaksa Agung Tutup PPPJ Angkatan LXXVII Tahun 2020

Keterangan Gambar :


Oleh Bontor

REAKSI JAKARTA- Jaksa Agung RI, Burhanuddin, menjadi Inspektur Upacara Pelantikan dan Penutupan Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Jaksa Angkatan LXXVII Tahun 2020 di Aula Sasana Krida Karya Badan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kejaksaan RI di kawasan Ragunan Jakarta Selatan.

Jaksa Agung mengucapkan selamat kepada 400 (empat ratus) orang Jaksa baru yang baru saja dilantik menjadi Jaksa, dimana setelah kurang lebih 3,5 (tiga setengah) bulan menjalani pendidikan untuk ditempa sebagai seorang Jaksa. Saya berharap ilmu pengetahuan dan pengalaman yang saudara terima dan pelajari harus senantiasa digunakan untuk menyempurnakan pelaksanaan tugas, fungsi, dan kewenangan yang dimiliki.

"Hari ini adalah hari yang sangat bersejarah, dimana pada hari ini saudara sekalian membuka lembaran baru dalam hidup dan karir saudara sekalian sebagai Jaksa. Saya tahu dari raut muka saudara sekalian diliputi oleh rasa bangga dan bahagia menyandang jabatan baru sebagai seorang Jaksa dan tentunya sebagai Jaksa Agung, saya berharap kebanggaan saudara hari ini dapat terus saudara jaga sampai dengan masa purna bhakti, bukan dengan memikul rasa malu karena perbuatan tercela. Untuk itu tumbuhkan dan peliharalah kehormatan dan integritas saudara, Insya Allah saudara sekalian akan mampu mengemban tugas sampai dengan masa pengabdian saudara tiba," kata Burhanuddin, dalam sambutannya, di Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Dikatakannya, berkembangnya sarana teknologi infomasi dalam era digital 4.0 (four point O) ini menuntut semua untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru yang serba digital, selaras dengan makin pesatnya perkembangan sarana teknologi infomasi maka modus operandi dan corak tindak pidana yang akan saudara hadapi kedepan akan semakin kompleks. 

"Era digitalisasi mengharuskan kita untuk menjadi Jaksa Milenial, yang memiliki makna Jaksa harus melek dan akrab dengan dunia digital. Jaksa yang tidak mau beradaptasi saya pastikan anda akan tersingkir oleh zaman, ini dikarenakan kedepan cara kerja dan pola kerja Kejaksaan akan tersaji dan terselenggara berbasis digital," ujarnya.

Selain itu, dengan penguasaan teknologi informasi merupakan suatu kerharusan dikarenakan makin berkembangnya modus operandi kejahatan yang memanfaatkan kecanggihan Teknologi Informasi, sehingga kita tidak boleh tertinggal guna menjalankan tugas penegakan hukum.

"Untuk itu saudara dituntut bekerja secara cermat, cerdas, profesional serta selalu meng-upgrade ilmu dan pengetahuan guna menyelaraskan diri dalam menghadapi tuntutan perkembangan penegakan hukum dan keadilan masyarakat yang makin kompleks dan dinamis," imbuhnya.

Guna mengimbangi perkembangan teknologi informasi, maka beberapa saat yang lalu pada penutupan Rapat Kerja Kejaksaan Tahun 2020, telah dicanangkan program “Kejaksaan Digital”, artinya kejaksaan harus mampu bertransformasi menjadi lembaga penegak hukum yang modern dan profesional.

Selain penguasaan ilmu pengetahuan dan peningkatan kapasitas diri selaku seorang jaksa, hal lain yang dipandang perlu adalah pengukuhan integritas di dalam diri, sehingga pelaksanaan penegakan hukum saudara sekalian haruslah mengedapankan hati nurani, karena keadilan itu tidak ada di dalam literasi tapi adanya di hati nurani. Kewenangan selaku Jaksa jangan disalahgunakan dan dijadikan sebagai objek transaksional dalam penanganan perkara.

"Ingatlah, kiprah Kejaksaan merupakan wajah penegakan hukum Indonesia di mata masyarakat dan internasional. Dan untuk kesekian kalinya saya tegaskan, saya tidak butuh jaksa yang pintar tapi tidak berintegritas, saya hanya butuh jaksa yang pintar dan berintegritas," ucapnya.

"Oleh karenanya, saya mengingatkan kepada saudara sekalian untuk menjadi pionir perubahan di tempat penugasan masing-masing dan agar turut serta secara proaktif guna mendorong dan menggerakkan perubahan pola pikir untuk menumbuhkan etos kerja yang berorientasi pelayanan kepada masyarakat," sambung Burhanuddin.

Dalam amanatnya, Jaksa Agung juga memberikan evaluasi pelaksanaan Diklat PPPJ yang diselenggarakan secara virtual, karena melihat ada beberapa hal kelemahan pelaksanaan diklat secara virtual, yaitu:

Kondisi geografis yang berdampak pada stabilitas sinyal, dimana pembelajaran virtual sangat menggantungkan kekuatan dan kualitas sinyal internet sehingga ada beberapa siswa PPPJ yang tertinggal dikarenakan gangguan tersebut, ini berdampak ketidakmerataan pemahaman antara siswa satu dengan lainnya terhadap materi yang disuguhkan.

Terindikasi beberapa siswa yang dalam ujian hanya mengandalkan copy paste dari artikel atau jurnal di internet, sangat disayangkan karena kejujuran modal utama guna membentuk integritas.Pengawasan terhadap etika dan disiplin yang kurang optimal, dimana dalam hal ini saya mencermati beberapa siswa PPPJ yang kurang menunjukan sikap disiplin.

"Berkenaan dengan evaluasi tersebut saya harap untuk segera dilakukan evaluasi secara kompresensif terkait kekurangan atau kelemahan pelaksanaan pendidikan secara virtual, ini bertujuan guna mengantisipasi dan menutup celah kekurangan dalam pelaksanaan diklat secara virtual, sehingga pendidikan dapat mencapai hasil yang maksimal sebagaimana maksud dan tujuan dari dilaksanakan pendidikan tersebut," katanya.

Oleh karenanya, setelah situasi memungkinkan, Jaksa Agung, menginstruksikan kepada Kepala Badan Diklat Kejaksaan agar segera menyelenggarakan Pendidikan Pembentukan Karakter dan Disiplin yang diselenggarakan secara fisik kepada Jaksa yang baru dilantik ini, yang mana diklat tersebut terutama bertujuan untuk membentuk integritas, kedisiplinan dan menanamkan jiwa korsa pada masing-masing diri para Jaksa yang baru saja dilantik. (R1)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • beAmbuffalatt

    [url=https://cial20mg.online/]tadalafil 25mg[/url] ...

    View Article
  • dreast

    side effects of levitra generic <a href="https://cialnm.com/">tadalafil ...

    View Article
  • dreast

    effects of viagra for men without ed <a ...

    View Article
  • JoshuaSip

    [b][url=https://gan-bcn.com/en/proyectos/espaiganc-2/#comm ent-354593]Spanish Manhattan[/url][/b] ...

    View Article